Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri remaja pada siswa kelas X dan XI SMA Widya Gama Malang / Essha Paulina Kristanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri remaja pada siswa kelas X dan XI SMA Widya Gama Malang / Essha Paulina Kristanti

Kristanti, Essha Paulina (2009) Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri remaja pada siswa kelas X dan XI SMA Widya Gama Malang / Essha Paulina Kristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menurut Hurlock (2000 207) remaja akan melewati 3 perubahan selama perkembangannya yaitu perubahan fisik perubahan emosi dan perubahan sosialnya. Perubahan-perubahan yang terjadi pada masa remaja memerlukan penyesuaian diri. Kegagalan remaja dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya dapat menyebabkan hal-hal yang negatif dalam diri remaja dan akan mengganggu perkembangannya. Dalam usahanya menyesuaikan diri remaja sangat memerlukan adanya penerimaan dari orang-orang di sekitarnya. Pada umumnya remaja menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman sebaya dibandingkan orangtua dan mendapatkan sumber afeksi simpati pengertian dan bimbingan moral dari teman sebayanya (Papalia 2004). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) dukungan sosial teman sebaya pada siswa kelas X dan XI (2) penyesuaian diri remaja pada siswa kelas X dan XI (3) hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X dan XI di SMA Widya Gama Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah remaja siswa kelas X dan XI SMA Widya Gama Malang yang terdiri dari 157 siswa. Sampel yang dihasilkan dari cara random berjumlah 97 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala dukungan sosial teman sebaya dan skala penyesuaian diri. Uji validitas item menggunakan teknik validitas internal menggunakan analisis product moment dan uji reliabilitas item menggunakan Alpha Cronbach. Skala dukungan sosial teman sebaya dengan validitas antara 0 178 0 647 dan reliabilitas sebesar 0 898. Skala penyesuaian diri dengan validitas antara 0 264 0 611 dan reliabilitas sebesar 0 895. Analisis hasil penelitian memakai analisis deskriptif dan analisis korelasional product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) sebagian besar remaja (54 6%) menerima dukungan sosial yang tinggi dari teman sebaya (2) sebagian besar remaja (52 6%) memiliki penyesuaian diri yang tinggi (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri remaja pada siswa kelas X dan kelas XI di SMA Widya Gama Malang dengan (r ) sebesar 0 547 (p 0 000 0 05). Dari hasil penelitian ini ada beberapa saran yaitu (1) bagi siswa untuk menjalin komunikasi dengan baik dengan teman sebayanya (2) bagi konselor untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan kelompok misalnya role playing modelling atau sosiodrama atau konselor sebaya (3) Bagi guru diharapkan membentuk kelompok-kelompok diskusi di kelas untuk membina hubungan teman sebaya (4) Untuk peneliti selanjutnya dapat lebih menyempurnakan penelitian ini dengan menambah variabel-variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100472

Actions (login required)

View Item View Item