Efektivitas token economy sebagai reinforcement untuk meningkatkan prestasi belajar anak TK / Sugiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas token economy sebagai reinforcement untuk meningkatkan prestasi belajar anak TK / Sugiyati

Sugiyati (2008) Efektivitas token economy sebagai reinforcement untuk meningkatkan prestasi belajar anak TK / Sugiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan token economy untuk meningkatkan prestasi belajar anak TK. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test and Post-test Control Group Design. Adapun Pre-test and Post-test Control Group Design terdiri dari fase A (pre treatment) dan fase B (post treatment). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas B Taman kanak-kanak Bhayangkari di Situbondo tahun ajaran 2007/2008. Subyek penelitian dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan observasi sebagai instrument yang dilakukan oleh peneliti dan guru. Sebagai reinforcement digunakan token berbentuk kartu bintang dan bertuliskan kata-kata atau kalimat-kalimat pujian misalnya hebat anak pintar good job. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes prestasi dan observasi pada subyek penelitian. Analisa data dilakukan dengan uji t. Dari hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata hasil prestasi belajar siswa. Pada kelompok eksperimen uji beda hasil prestasi belajar antara fase A dan fase B untuk mata pelajaran berhitung nilai uji t 6 817 signifikansi 0 000. Pada mata pelajaran menulis nilai uji t 8 746 signifikansi 0 000. Sedangkan pada mata pelajaran menggambar nilai uji t 7 068 signifikansi 0 000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil prestasi belajar siswa antara fase A dan fase B. Pada kelompok kontrol uji beda hasil prestasi belajar antara fase A dan fase B untuk mata pelajaran berhitung nilai uji t -0 879 signifikansi 0 387. Pada mata pelajaran menulis nilai uji t -0 441 signifikansi 0 662. Sedangkan pada mata pelajaran menggambar nilai uji t 0 681 signifikansi 0 502. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil prestasi belajar siswa antara fase A dan fase B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberlakukannya treatment reinforcemet dalam proses belajar mengajar prestasi belajar siswa kelompok eksperimen mengalami peningkatan. Ini terlihat dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran berhitung menulis dan menggambar meningkat setelah diterapkannya sistem pengajaran dengan menggunakan token reinforcement. Selain itu siswa kelompok eksperimen memiliki kemampuan belajar yang lebih baik daripada siswa kelompok kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar yang dicapai oleh siswa keloma-k eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100466

Actions (login required)

View Item View Item