Efektivitas terapi relaksasi melalui hipnosa untuk mengurangi intensitas merokok / Ena Purnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas terapi relaksasi melalui hipnosa untuk mengurangi intensitas merokok / Ena Purnawati

Ena Purnawati (2010) Efektivitas terapi relaksasi melalui hipnosa untuk mengurangi intensitas merokok / Ena Purnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jumlah perokok di kalangan masyarakat kian hari kian meningkat. Berbagai upaya telah dilakukan guna membendung semakin meningkatnya jumlah perokok ini salah satunya adalah dengan menggunakan terapi relaksasi melalui hipnosa. Terapi relaksasi melalui hipnosa merupakan perpaduan antara terapi relaksasi yang lebih mengarah pada pendekatan behaviorisme dengan terapi hipnosa yang lebih mengarah pada pendekatan psikoanalisa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi relaksasi melalui hipnosa dalam mengurangi intensitas merokok dengan jalan menghitung jumlah batang rokok yang dihabiskan dalam sehari sebelum dan sesudah pemberian terapi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi para pengguna rokok serta memberikan sumbangan informasi bagi pengembangan bidang keilmuwan selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Malang tanggal 05 sampai 24 November 2007. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah terapi relaksasi melalui hipnosa dan variabel terikat adalah intensitas merokok. Instrumen yang digunakan adalah wawancara observasi dan terapi relaksasi melalui hipnosa dengan subjek penelitian sebanyak tiga orang. Analisis hasil penelitian adalah dengan menggunakan signifikansi statistik dan signifikansi aplikasi. Signifikansi statistik menggunakan uji statistik non parametrik two related samples. Uji hipotesis menunjukkan hasil nilai Z 1 342 nilai p 0 108 (p 0 05) yang mempunyai arti bahwa terapi relaksasi melalui hipnosa tidak efektif untuk mengurangi intensitas merokok dimana dari tiga subjek yang telah diberikan terapi satu diantaranya berhasil berhenti merokok satu subjek mengalami penurunan dari jumlah batang rokok yang dikonsumsi sedangkan satu subjek tidak menunjukkan penurunan intensitas merokok dan relatif tetap. Tidak signifikan dalam signifikan statistik belum menjamin tidak signifikan dalam signifikan aplikasi begitu pula sebaliknya. Secara logika rasional dapat menghentikan intensitas merokok dalam waktu 3 minggu 1 dari 3 subjek itu sangat signifikan. Keberhasilan dari terapi relaksasi melalui hipnosa sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal maupun internal diantaranya adalah motivasi masing-masing subjek tingkat intelektual dan kondisi lingkungan dimana penelitian dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada peneliti selanjutnya untuk melakukan kontrol terhadap variabel-variabel lain yang ikut berpengaruh dalam penelitian serta disarankan untuk menambah jumlah sampel penelitian yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100462

Actions (login required)

View Item View Item