Penyusunan dan penyajian materi tatabahasa dan sastra Indonesia untuk sekolah lanjutan tingkat pertama oleh Nurul Kalimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyusunan dan penyajian materi tatabahasa dan sastra Indonesia untuk sekolah lanjutan tingkat pertama oleh Nurul Kalimah

Kalimah, Nurul (2010) Penyusunan dan penyajian materi tatabahasa dan sastra Indonesia untuk sekolah lanjutan tingkat pertama oleh Nurul Kalimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saati ni beredarbuku-bukut eks yang dipakai di sekolahy ang didasarkanp ada KurikulumB ahasaIn donesia1 994.B uku-bukui tu diterbitkano leh pemerintahd an swastaM. enurutK urikulum Bahasaln donesia1 994 B uku TeksB ahasad anS astra lndonesia(B TBI) yangb aik salahs atus yaratnyah arusm emuatb ahanp engajaran kebahasaayna ngd iolah secarak hususu ntukm enguasakie terampilanb erbahasdaa n bukant entangb ahasaIn donesi4t etepis aati ni pengajarabna hasaIn donesiam asih banyakd ikeluhkano rang.F aktoru tamanyak arenab uku-bukup elajarany angd ipakai oleh siswa dan guru bahasa lndonesia cenderung benifat linguistik dibandingkan pedagogisH. al itulah yang melatarbelakangpi erlunyap enelitiani ni yang secara khususm enyorotim asalahp enyusunand an penyajianm ateri tatrbahasap endidikan dalam BTBI untrik Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Penelitiani ni bertujuanu ntuk mendeslcripsikapne nyusunand an penyajian materi tatabahasap endidikand alamB TBI unttik SLTP.B erdasarkantu juan tersebut masalahd alamp enelitiani ni melipui dua masalahp okok yaitu penyusunand an penyajianm aterit atabahaspae ndidikand alamB TBI untukS LTP.P enyusunamn ateri tatabahaspae ndidikanm eliputim asalah b agaimanakaphe ngelompokamn ateri tatabahasap endidikan talamBTB1u ntuk SLTP danbagaimanakahp engurutand alam BTBI untuk SLTP. Penyajianm ateri meliputi masalahb agaimanakahp enggunaan bahasad alamp enyajianm ateri tatabahasap endidikand alamB TBI untuk SLTP dan bagaimanakahte knik penyajianm ateri tatabahasap endidikand alam BTBI untuk SLTP. Penelitiani ni menggunakanm etodep enelitiank ualitatif. Data dalam penelitiani ni berupam aterik ebahasaany ang mencakupm ateri stnfttur balnsa dari tingkat morf sampai kalimat. Sumber data penelitian ini adalah buku teks terbitan Depdikbu4 Tiga Serangftaid anBinaPustakaTama.T elcnika nalisisd atad ilakukan denganm enggunakante knik analisis isr denganm engikuti prosedura nalisiss ecara induktif.H asil analisisp enelitianin i berupad eskripspi enyusunadna np enyajian materit atabahaspae ndidikand alamB TBI untukS LTP. n l Hasil penelitian menunjukkan b ahwap enyusunanm ateri tatabahasa pendidikanp adaa spekp engelompokamn ateriy angd igunakano leh penulisd alam buku teksu ntukS LTPd ikelompokkanb erdasarkatnig am odelp engelompokanya itu berdasarkank ekontrasank aidah k esamaank aidah d ank eparalelank aidah. Penyusunanm ateri padaa spekp engurutanm aterid iurutkanb erdasarkanp rinsip pengurutans ederhana- kompleks u murn- tfiusus danr ingkas- terurai. Penyajianm ateri tatabahasap endidikand alamB TBI untuk SLTP ditinjau dari segip enggunaanb ahasanyam enunjulkan batrwab ahasay angd igunakano leh penulis buku adalahd enganm enggunakank alimat-kalimatp erintalLp enggunaanis tilah teknis dan penggunaans apaanP. enggunaanka limat-kalimatp erintahd an sapaan merupakanp encerminanb ahwam ateri ratabahasapendidikadna lamB TBI untuk SLTP disajikan secarak omunikatif untrft pengajaranb ahasat e tapi disisi yangl ain juga masih terdapati stilah-istilah teknis yang merupakanc iri dari tatabahasailm iah. Berdasarkante knik penyajiannyap enulisB TBI untuk SLTPm enggunakante l orik indulrif-integratif induktif-integratifdengan variasi deduktif-integratif deduktifintegratif dengan variasi dan teknik diskrit. Secarau mumd apatd ikatakanb ahwap enyusunand an penyajianm ateri tatabahasay ang digunakano leh penyusunb uku teks bahasad an sastraI ndonesia untukS LTPs udahm emenuhpi rinsipprinsipp enyusunadna np enyajianm ateri tatabahaspae ndidikanN. amunp enyajianm aterit atabahasyaa ngd igunakano leh penulisb uku teksm asiha day angd iwarnaio leh prinsipp enyajianm aterit atabahasa ilmiah. Hal itu ditunjukkano leh penggunaanb ahasay angm asihm enggunakan istilah-istilah teknis yang dapatm engurangsi uaqanak omunikatif pembelajarand an hal itujuga tidak relevand engant ujuan penyusunanta tabalnsap endidikany ang orientasinyau ntuk membantus isna menguasasi uatub ahas4y artubagumana mematnmi dan memproduksui jaran dalamb erbahasaK. arenai tu perlu disarankan kepadap enyusund an p makaib uku tels balusa dan sashaI ndonesia-P enyusunb uku teks hendalmya lebih selektif dalam menyusm dan menyajikan materi tatabahasa terutamam engenapi enggunaanb ahasad alam menyajikanm aterit atabahas4 sehinggap enyusunand an penyajianm ateri tatabahasase suadi enganp rinsip prinsip penyusunand an penyajiant atabahasap endidikan.B agi pemakaib uku teks bahasa dans astraln donesiay aitu gurud ans iswa h endaknyam emilihb uku teksy ang mencerminkank ualitasp edagogiss ebuahb uku teks y aitu buku teksy angb anyak mengangkapt enggunaanb ahasas ehari-hari m empunyasi udutp andangy angjelas relevand engank urikulum yang berlakq dapatm emotivasi m enstimulasi komunikatif menunjangp elajaranlain dan mengbargapi eftedaani ndividu pemakai buku teks. Selaini tu kualias buku teksj uga dapatd ilihat dari susunand an penyajian materinya y aitubuku teks yang disusund an disajikanberdasarkapnr insip.prinsip penyusunand an penyajiant atabahasap endidikan iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10046

Actions (login required)

View Item View Item