Hubungan antara konsep diri dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu / Martsel Mulya Jaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara konsep diri dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu / Martsel Mulya Jaya

Martsel Mulya Jaya (2009) Hubungan antara konsep diri dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu / Martsel Mulya Jaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep diri berkembang pada masa remaja yakni rentangan antara usia 13-17 tahun. Pada masa ini individu berusaha mencari identitas dirinya dan mencari kedudukan dirinya di lingkungan. Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang didirikan oleh dan untuk masyarakat yang dikelola oleh piranti pendidikan. Dalam sekolah setiap siswa pasti mengharapkan prestasi belajar yang maksimal. Keberhasilan siswa dalam sekolah ditunjukkan dengan prestasi belajar. Kemampuan masing-masing individu dalam memperoleh prestasi akademik yang baik salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan siswa dalam memandang seberapa pentingkah dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) konsep diri siswa kelas XI (2) prestasi belajar siswa kelas XI (3) hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMU Negeri 2 Batu. Sejumlah 270 siswa menggunakan teknik cluster random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 90 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala konsep diri. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasional. Penelitian dilakukan bulan November sampai dengan Desember 2007. Berdasarkan hasil penelitian ini konsep diri siswa kelas XI SMU Negeri 2 Batu pada umumnya termasuk dalam kategori sedang sebanyak 64 siswa. Sedangkan yang memiliki konsep diri tinggi sebanyak 15 orang dan sisanya berjumlah 11 orang termasuk kedalam kategori rendah dengan mean sebesar 94 26. Prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Batu pada umumnya masuk dalam kategori sedang. Dari 90 subyek penelitian ditemukan 60 siswa termasuk kategori sedang. Sedangkan yang memiliki prestasi belajar tinggi sebanyak 19 siswa. Serta yang masuk kedalam kategori rendah sebanyak 11 orang dengan mean sebesar 1006 36. Diketahui ada hubungan positif antara konsep diri dengan prestasi belajar dengan taraf sigifikansi r 0 470. Apabila diadakan penelitian lanjutan mengenai topik ini maka disarankan untuk lebih cermat dalam memilih populasi dan sampel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100458

Actions (login required)

View Item View Item