Hubungan antara sikap terhadap pelajaran matematika dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 17 Malang / Wisnu Priyowijakso - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara sikap terhadap pelajaran matematika dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 17 Malang / Wisnu Priyowijakso

Wisnu Priyowijakso (2009) Hubungan antara sikap terhadap pelajaran matematika dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 17 Malang / Wisnu Priyowijakso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan disiplin ilmu yang mempunyai sifat khas dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain sehingga masih banyak orang yang bersikap negatif terhadap matematika karena matematika adalah pelajaran yang sulit untuk mempelajarinya dibutuhkan kemauan kemampuan dan kecerdasan tertentu. Tinggi atau rendahnya hasil belajar siswa berkaitan dengan sikap dan motivasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara sikap terhadap matematika dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan korelasional. Subjek yang dijadikan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 17 Malang sebanyak 82 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala sikap terhadap matematika dan skala motivasi berprestasi dengan menggunakan model penskalaan Likert serta tes prestasi belajar. Analisis deskriptif menggunakan persentase berdasarkan nilai mean dan standar deviasi. Analisis korelasi menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan teknik analisis regresi linier dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan sikap siswa terhadap matematika dalam kategori netral yaitu sebanyak 58 siswa atau sebesar 70 73 %. Motivasi berprestasi siswa dalam kategori sedang yaitu sebanyak 62 siswa atau sebesar 75 61 %. Prestasi belajar siswa berada dalam kategori nilai C pada siswa kelas VIII sebanyak 18 siswa atau sebesar 43 90% dan pada siswa kelas IX sebanyak 14 siswa atau sebesar 34 15%. Terdapat hubungan positif antara sikap terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika (rxy 0 540) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika (rxy 0 355) dan terdapat hubungan positif antara sikap terhadap matematika dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika (R square 0 303). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan guru memberikan dorongan yang positif agar siswa dapat bersikap lebih positif terhadap pelajaran matematika dan juga memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan mengadakan kegiatan perlombaan matematika atau memberikan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa. Bagi siswa diharapkan memiliki pemikiran yang positif terhadap pelajaran matematika dan aktif dalam mengikuti kegiatan yang dapat meningkatakan kemampuan dalam pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100454

Actions (login required)

View Item View Item