Hubungan bimbingan belajar, efikasi matematika, dan prestasi belajar matematika / Agustiany - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan bimbingan belajar, efikasi matematika, dan prestasi belajar matematika / Agustiany

Agustiany (2009) Hubungan bimbingan belajar, efikasi matematika, dan prestasi belajar matematika / Agustiany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bimbingan belajar adalah usaha komersial yang bergerak di bidang jasa pendampingan belajar intensif. Bimbingan yang dimaksud adalah bimbingan belajar di suatu lembaga (LBB) dan bimbingan belajar privat baik itu perorangan maupun kelompok. Efikasi matematika adalah penilaian diri apakah dapat melakukan tindakan yang baik atau buruk tepat atau salah bisa atau tidak bisa mengerjakan soal matematika. Prestasi belajar matematika adalah hasil belajar matematika yang dicapai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara bimbingan belajar efikasi matematika dan prestasi belajar matematika dengan menggunakan variabel kontrol inteligensi. Inteligensi adalahsuatu kecakapan global atau rangkuman kecakapan seseorang untuk dapat bertindak secara terarah berpikir secara baik dan bergaul dengan lingkungan secara efisien yang didapatkan melalui dokumentasi sekolah berupa hasil tes inteligensi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi Penelitian adalah siswa kelas X SMAN I Malang. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Sampel seluruhnya berjumlah 117 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala Matematics Self Efficacy hasil adaptasi dari Assessing Mathematics Self Efficacy of Diverse Student for Secondary School in Auckland Implications for Academic Achievement yang terdiri dari 85 item. Data bimbingan belajar didapat dari lembar informasi diri dan data PBM didapat dari dokumen guru mata pelajaran. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis korelasi product moment korelasi berganda dan korelasi parsial. Hasil Penelitian (1) Tidak ada hubungan antara bimbingan belajar dan prestasi belajar matematika (r 0 019 p 0 837 0 05). (2) Tidak ada hubungan antara efikasi matematika dan prestasi belajar matematika (r 0 014 p 0 857 0 05). (3) Ada hubungan antara inteligensi dan prestasi belajar matematika (r 0 516 p 0 000 0 05 (4) Tidak ada hubungan antara bimbingan belajar efikasi matematika dan prestasi belajar matematika (sig F 0 971 0 05). (6) Uji hipotesis kelima yaitu kontrol statistik terhadap variabel ekstraneous tidak dapat dilakukan karena syarat analisis korelasi parsial yaitu saling hubungan antar variabel tidak terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan alat ukur prestasi belajar yang lebih peka melakukan observasi secara bertahap agar efikasi matematika dapat diukur dengan kebih baik serta melakukan asesmen inteligensi dengan tes standar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100439

Actions (login required)

View Item View Item