Perbedaan efikasi diri pada siswa program akselerasi dan siswa program non-akselerasi kelas XI ditinjau dari latar belakang keluarga dan riwayat prestasi belajar di SMA Negeri I Malang / Nadine Advaniehadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan efikasi diri pada siswa program akselerasi dan siswa program non-akselerasi kelas XI ditinjau dari latar belakang keluarga dan riwayat prestasi belajar di SMA Negeri I Malang / Nadine Advaniehadi

Nadine Advaniehadi (2009) Perbedaan efikasi diri pada siswa program akselerasi dan siswa program non-akselerasi kelas XI ditinjau dari latar belakang keluarga dan riwayat prestasi belajar di SMA Negeri I Malang / Nadine Advaniehadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manusia terlahir sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial manusia selalu berinteraksi dengan dunia luar dalam menjalankan kegiatan demi kelangsungan hidupnya. Untuk berinteraksi dengan dunia luar manusia membutuhkan keyakinan atas kemampuan dirinya yang disebut kepercayaan diri. Dengan memiliki rasa percaya diri maka seseorang akan mampu menghadapi tantangan dalam hidupnya. Program akselerasi yang diselenggarakan di sekolah dapat menyebabkan kepercayaan diri siswa peserta program tersebut menjadi lebih tinggi daripada siswa non-akselerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa akselerasi kepercayaan diri siswa non-akselerasi dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kepercayaan diri antara siswa akselerasi dan siswa non-akselerasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Kepercayaan diri siswa diukur menggunakan skala Kepercayaan Diri dengan metode Interval Tampak Setara (Thurstone). Uji coba dilakukan kepada 40 mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. Reliabilitas diperoleh dengan rumus Feldt sebesar 0 827. Dalam pengambilan sampel pada siswa akselerasi digunakan teknik total sampling sedangkan pada siswa non-akselerasi digunakan metode stratified random sampling. Teknik analisa yang digunakan untuk menguji signifikansi hipotesis komparatif adalah non-parametrik dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan taraf signifikansi yang dipakai sebesar 0 05. Penelitian deskriptif menghasilkan siswa akselerasi yang kepercayaan dirinya tinggi sebesar 80 77% dan kepercayaan diri cukup 19 23%. Siswa non-akselerasi yang memiliki kepercayaan diri tinggi sebesar 34 62% dan kepercayaan diri cukup 65 38%. Hasil analisis komparatif menunjukkan ada perbedaan kepercayaan diri antara siswa peserta program akselerasi dan non-akselerasi di SMA Negeri 3 Malang (Z 2 080 p 0 000 0 05). Dimana kepercayaan diri siswa akselerasi lebih tinggi daripada siswa non-akselerasi (mean 5 57 4 61). Saran bagi pihak sekolah agar menyelenggarakan kegiatan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa misalnya melalui seminar atau pelatihan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan variabel lain yang berhubungan dengan kepercayaan diri untuk dilakukan penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100438

Actions (login required)

View Item View Item