Perbedaan kematangan sosial siswa-siswi sistem pembelajaran full day school dan half day school SMP di Kota Jombang / Ari Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kematangan sosial siswa-siswi sistem pembelajaran full day school dan half day school SMP di Kota Jombang / Ari Wibowo

Ari Wibowo (2009) Perbedaan kematangan sosial siswa-siswi sistem pembelajaran full day school dan half day school SMP di Kota Jombang / Ari Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan Individu meliputi perkembangan sosial yaitu suatu perkembangan yang diperoleh melalui lingkungan dengan kata lain untuk mampu berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial hingga mampu menjadi manusia yang bermasyarakat. Dan untuk berperilaku sesuai tuntutan masyarakat seseorang harus memiliki kematangan sosial yang baik yang muncul dalam perilaku individu ketika berinteraksi atau bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kematangan sosial siswa-siswi full day school (2) kematangan sosial siswa-siswi half day school (3) Perbedaan kematangan sosial siswa-siswi sistem pembelajaran full day school dan half day school SMP di kota Jombang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi full day school (SMP Plus Al-Muslimun Jombang) yang berjumlah 61 siswa diambil 45 siswa sebagai subyek penelitian dan half day school (SMPN I Jombang) berjumlah 966 diambil 45 siswa sebagai subyek penelitian dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala kematangan Sosial. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kematangan sosial siswa-siswi sistem pembelajaran half day school lebih tinggi dari pada full day school hal ini dapat dilihat pada Analisis Komparatif (Uji-t) yang menunjukkan bahwa Mean pada full day school 109 13 dan Mean half day school 112 73 dan t Hitung -1 698 t Tabel 1 66 dengan p 0 002 0 05. Ada perbedaan kematangan sosial siswa-siswi sistem pembelajaran full day school dan siswa-siswi half day school SMP di Kota Jombang. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan kepada half day school hendaknya pihak sekolah untuk mempertahankan dan memperhatikan metode belajar yang sudah ada supaya lebih efektif lagi. Bagi full day school lebih memberikan wawasan kepada anak untuk bersosialisasi dengan masyarakat khususnya orang tua untuk memberikan kebebasan kepada anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Bagi orang tua diharapkan orang tua dapat memberikan kebebasan pada anak untuk mengambil keputusan sendiri dan bertanggung jawab atas keputusannya dan memberikan kebebasan dalam bergaul sehingga kematangan sosial anak dapat terbentuk dengan baik. Bagi masyarakat diharapkan masyarakat dapat berperan dalam mendidik anak untuk membangun kematangan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100435

Actions (login required)

View Item View Item