Dinamika pengelompokan sosial siswa di SMAN 4 Malang / Amelya Widyati Suwarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika pengelompokan sosial siswa di SMAN 4 Malang / Amelya Widyati Suwarno

Amelya Widyati Suwarno (2009) Dinamika pengelompokan sosial siswa di SMAN 4 Malang / Amelya Widyati Suwarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena pengelompokan sosial banyak ditemui dalam kehidupan remaja di SMA. Siswa SMA sebagai seorang remaja memiliki dorongan yang sama untuk membentuk dan terlibat dalam suatu kelompok. Lingkungan SMA dapat dikatakan sebagai miniatur dari masyarakat secara luas karena dalam sekolah terdapat siswa dengan beraneka karakter dan berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Keanekaragaman tersebut akan menghasilkan suatu dinamika mengenai kelompok sosial siswa yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini akan difokuskan pada bentuk-bentuk kelompok sosial yang menonjol latar belakang terbentuknya kelompok proses terbentuknya kelompok serta stabilitas kelompok-kelompok yang ada di lokasi penelitian. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan model fenomenologis. Peneliti melakukan interaksi langsung dengan subyek penelitian dengan melakukan wawancara dan pengamatan. Lokasi penelitian ini adalah SMAN 4 Malang yang bertempat di Jl. Tugu Utara No.1 Malang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis fenomenologis dan disusun menjadi kesimpulan penelitian. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui metode (1) ketekunan pengamatan (2) generalisasi empiris (3) triangulasi dan (4) verifikasi teori. Hasil penelitian ini mendapatkan 26 bentuk kelompok yang secara umum terdiri dari kelompok terorganisir chums clique kelompok pacaran dan crowds. Kelompok memiliki aktivitas yang relatif seragam yang melibatkan adanya aktivitas positif dan negatif. Masing-masing kelompok menerapkan adanya norma dan strukturisasi anggota dalam kelompok sosial di sekolah. Pada beberapa kelompok dengan kreativitas yang tinggi ditemukan adanya identitas properti dan ritual khas kelompok. Latar belakang terbentuknya kelompok secara umum dipengaruhi oleh faktor ketertarikan kebutuhan dan perasaan. Proses terbentuknya kelompok dapat diklasifikasikan berdasarkan kesengajaan tujuan dan keberadaannya. Stabilitas kelompok secara garis besar dipengaruhi oleh ketahanan dan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada siswa untuk lebih selektif dalam memilih kelompok. Siswa disarankan juga untuk lebih memperluas pergaulannya dengan teman lain di luar kelompok supaya masa remajanya menjadi lebih bermakna dan berwarna. Pihak sekolah disarankan untuk berperan aktif dalam meminimalisir nilai negatif dan memaksimalkan nilai positif dari aktivitas berkelompok. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk menggali lebih dalam mengenai aktivitas khas kelompok karena hal itu merupakan sesuatu yang menarik dan memiliki pengaruh langsung terhadap individu siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100428

Actions (login required)

View Item View Item