Hubungan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah dan motivasi belajar di SMA Panjura Malang / Vico Retno Syahputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah dan motivasi belajar di SMA Panjura Malang / Vico Retno Syahputri

Vico Retno Syahputri (2007) Hubungan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah dan motivasi belajar di SMA Panjura Malang / Vico Retno Syahputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syahputri Vico Retno. 2007. Hubungan Persepsi Siswa tentang Kondisi Fisik Sekolah dan Motivasi Belajar di SMA Panjura Malang. Skripsi Program Studi Psikologi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Moh.Irtadji M.Si Pembimbing II Tutut Chusniyah M.Si. Kata kunci persepsi motivasi belajar Kegiatan belajar siswa akan berjalan dengan efektif dan efisien serta dapat mencapai target yang maksimal jika terdapat motivasi yang tinggi. Kelengkapan prasarana dan sarana seperti gedung sekolah yang menyenangkan fasilitas kelas yang bersih dan lingkungan sekolah yang nyaman sebagai pendorong siswa untuk dapat berprestasi dalam belajarnya. Penelitian deskriptif dan korelasional ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah di SMA Panjura Malang (2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa di SMA Panjura Malang (3) Mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah dengan motivasi belajar siswa di SMA Panjura Malang. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Panjura Malang yang berjumlah 102 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah 102 orang siswa yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah dan skala motivasi belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki persepsi tentang kondisi fisik sekolah tinggi 15 58% siswa yang memiliki persepsi tentang kondisi fisik sekolah sedang 70 59% siswa yang memiliki persepsi tentang kondisi fisik sekolah rendah 13 73% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi 14 71% siswa yang memiliki motivasi belajar sedang 73 53% dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah 11 76%. Selain itu juga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah dan motivasi belajar di SMA Panjura Malang. Dari hasil penelitian ini maka saran yang disampaikan yaitu bagi kepala sekolah diharapkan dapat menetapkan kebijakan-kebijakan dan menambah fasilitas yang dibutuhkan oleh siswa untuk meningkatkan motivasi belajarnya bagi konselor hendaknya dapat memberi materi pelayanan mengenai motivasi belajar bagi guru hendaknya mampu memanfaatkan fasilitas sekolah dalam memberi materi pelajaran pada siswa guna meningkatkan persepsi dan motivasi belajar siswa bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan dengan teknik dan cara yang lebih beragam (observasi wawancara dan seterusnya). Selain itu juga variabel dapat dikaitkan dengan uji pengaruh veriabel-variabel lain sehingga didapat penelitian yang lebih luas dan komperhensif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100425

Actions (login required)

View Item View Item