Perbedaan pengetahuan seks pada remaja Madrasah Aliyah dan remaja sekolah menengah atas di Kabupaten Gresik / Dzakhirotus Sa'adah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pengetahuan seks pada remaja Madrasah Aliyah dan remaja sekolah menengah atas di Kabupaten Gresik / Dzakhirotus Sa'adah

Dzakhirotus Sa'adah (2009) Perbedaan pengetahuan seks pada remaja Madrasah Aliyah dan remaja sekolah menengah atas di Kabupaten Gresik / Dzakhirotus Sa'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Remaja mengalami perkembangan utama yaitu perkembangan seks primer dan seks sekunder. Perkembangan seks menyebabkan rasa keingintahuan remaja terhadap seks semakin meningkat. Namun remaja banyak memperoleh pengetahuan yang salah tentang seks. Pengetahuan yang salah menyebabkan remaja melakukan aborsi terjangkit penyakit menular seksual dan HIV (Human Immunodeficiency Virus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat pengetahuan seks remaja Madrasah Aliyah (2) tingkat pengetahuan seks remaja Sekolah Menengah Atas (3) perbedaan pengetahuan seks pada remaja Madrsah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas. Pengetahuan seks ditunjukkan dalam beberapa aspek. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori dari Terry (dalam Sarwono 1989) yang meliputi aspek penyimpangan seksual pengaturan kehamilan perkembangan seksual nilai-nilai seksual perkembangan remaja dan reproduksi manusia. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupatn Gresik. Uji coba dilakukan kepada 60 siswa dan diperoleh validitas aitem sebanyak 48 dengan menggunakan rumus korelasi product moment pearson dan reliabilitas sebesar 0 9206 dengan menggunakan rumus alpha. Jumlah populasi penelitian sebanyak 289 adapun yang menjadi sampel penelitian sebanyak 154 yang terdiri dari 74 siswa Madrasah Aliyah dan 80 siswa Sekolah Menengah Atas Negeri. Tehnik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposif sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai mean remaja Madrasah Aliyah sebesar 35 62 dan nilai mean remaja Sekolah Menengah Atas sebesar 38 49. Nilai uji-t 5 317 p 0 000 0 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan seks antara remaja Madrasah Aliyah dan remaja Sekolah Menengah Atas. Adapun analisis deskriptif menunjukkan bahwa remaja Madrasah Aliyah yang berada di klasifikasi tinggi sebanyak 29 siswa (39.18%) siswa yang berada pada klasifikasi rendah sebanyak 45 (60.81%). Remaja Sekolah Menengah Atas yang berada pada klasifikasi tinggi sebanyak 44 siswa (55%) sedangkan siswa yang berada pada klasifikasi rendah sebanyak 36 siswa (45%). Dari hasil penelitian diharapkan (1) bagi Madrasah Aliyah hendaknya menambah jumlah jam pelajaran biologi (2) bagi Sekolah Menengah Atas hendaknya melakukan evaluasi dalam memantapkan kurikulum yang telah digunakan (3) bagi peneliti selanjutnya dalam memilih sekolah hendaknya dirandom terlebih dahulu (4) peneliti selanjutnya disarankan membandingkan program IPA dengan program IPS dan Bahasa (5) peneliti selanjutnya tidak hanya mengkaji faktor pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100418

Actions (login required)

View Item View Item