Perbedaan self esteem ditinjau dari tipe kepribadian ekstra vert dan introvert pada warga di Malang / Novriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan self esteem ditinjau dari tipe kepribadian ekstra vert dan introvert pada warga di Malang / Novriyanto

Novriyanto (2009) Perbedaan self esteem ditinjau dari tipe kepribadian ekstra vert dan introvert pada warga di Malang / Novriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Waria adalah fenomena transeksualisme yang merupakan gangguan kelainan di mana penderita merasa bahwa dirinya terperangkap di dalam tubuh lawan jenisnya. Bagi waria mengekspresikan keinginan harapan dan hasratnya secara wajar merupakan bentuk penghargaan diri sendiri sedangkan pengakuan keberadaan waria di masyarakat merupakan bentuk penghargaan dan pengakuan akan harga dirinya. Sebagai sebuah kepribadian seorang waria merupakan suatu proses yang panjang baik secara individual maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan self esteem ditinjau dari tipe kepribadian ekstravert dan introvert pada waria di Malang. Subjek penelitian ini adalah waria di kota Malang yang tergabung dalam IWAMA (Ikatan Waria Malang) bertipe kepribadian ekstravert dan introvert sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sample. Instrumen penelitian adalah skala self esteem dan skala ekstravert-introvert pengembangan dari Eysenck Personality Inventory (EPI) adaptasi Indonesia khususnya aspek ekstraversi sebanyak 24 aitem. Karena subjek penelitian ini terbatas maka peneliti menggunakan try out terpakai. Analisis statistik yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self esteem pada waria yang bertipe kepribadian ekstravert dan introvert mempunyai nilai t sebesar -1 103 dengan signifikansi 0 277. Hasil menunjukkan tidak adanya perbedaan self esteem yang signifikan antara waria yang bertipe kepribadian ekstravert dan introvert. Berdasarkan hasil penelitian disarankan 1) bagi waria memilih keputusan untuk menjadi seorang waria merupakan suatu pilihan bagi manusia apabila seorang individu ingin menjalaninya maka hendaknya individu telah memikirkannya dengan pertimbangan yang sangat matang. Bila perlu berkonsultasi dengan seorang psikolog atau psikiater juga dapat dilakukan. Individu dengan self esteem yang tinggi lebih bahagia dan lebih efektif dalam menghadapi tuntutan lingkungan dari pada individu dengan self esteem rendah 2) bagi masyarakat meskipun secara umum waria bertentangan dengan norma masyarakat dan agama tetapi pada kenyataannya waria ada di sekitar masyarakat. Pengertian perlakuan dan pandangan yang positif dari masyarakat diperlukan untuk mengembangkan kepribadian waria 3) bagi peneliti selanjutnya memperbanyak jumlah partisipan dan memperluas penelitian ini karena masih banyak hal-hal yang perlu diungkap dari seorang waria.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100417

Actions (login required)

View Item View Item