Hubungan kerjasama dengan kepuasan kerja karyawan PT. PLN (Persero) distribusi Jawa Timur / Fitri Isnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kerjasama dengan kepuasan kerja karyawan PT. PLN (Persero) distribusi Jawa Timur / Fitri Isnawati

Fitri Isnawati (2009) Hubungan kerjasama dengan kepuasan kerja karyawan PT. PLN (Persero) distribusi Jawa Timur / Fitri Isnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kerjasama telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari beberapa bidang pekerjaan. Dengan adanya kerjasama dalam suatu perusahaan ataupun organiasai karyawan dapat menjalankan tugas yang diberikan kepadanya dengan baik dan kepuasan kerja karyawan juga akan tercapai. Tiffin (dalam As ad 2003) berpendapat bahwa kepuasan kerja berhubungan erat dengan kerjasama antara pimpinan dengan sesama karyawan dan karyawan dengan karyawan pada sebuah perusahaan ataupun organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 subjek dan teknik penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah Skala Kerjasama dan Skala Kepuasan Kerja. Uji validitas item dilakukan dengan penghitungan koefisien korelasi item total (rix) atau biasa disebut sebagai teknik konsistensi internal. Validitas Skala Kerjasama diperoleh rxy berkisar antara 0 260 hingga 0 596 sedangkan validitas Skala Kepuasan Kerja diperoleh rxy berkisar antara 0 272 hingga 0 664. Analisis reliabilitas diukur dengan menggunakan Uji Reliabilitas Teknik Alpha Cronbach Inter-Item dan dihasilkan koefisien sebesar 0 9304 pada Skala Kerjasama dan sebesar 0 9508 pada Skala Kepuasan Kerja. Dari penelitian ini ditemukan ada hubungan positif yang signifikan antara kerjasama dan kepuasan kerja pada karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang sebesar 0 516 (p 0 000 0 01) artinya semakin tinggi kerjasama yang dilakukan oleh karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang maka semakin tinggi pula kepuasan kerja yang dimiliki oleh karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Kerjasama mempengaruhi kepuasan kerja sebesar 26 60% sisanya sebesar 73 40% adalah faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja. Hal ini menunjukkan bahwa kerjasama kurang berpengaruh begitu besar terhadap kepuasan kerja pada karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Dari penelitian ini saran yang diajukan bagi karyawan untuk lebih meningkatkan kerjasama di lingkungan kerja agar tercipta hubungan sosial yang baik di tempat kerja. Saran bagi perusahaan adalah agar lebih memperhatikan kondisi karyawan sehingga karyawan merasa menjadi bagian yang berarti di perusahaan. Saran bagi peneliti yang tertarik untuk meneliti hubungan kerjasama dengan kepuasan kerja karyawan maka disarankan memperluas jangkauan kancah penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100413

Actions (login required)

View Item View Item