Penerapan cooperative learning model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi kompetensi dasar menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif pada siswa kelas XI 18-4 SMA Negeri 2 Malang / Geo Sukma Mardali Prihatmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan cooperative learning model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi kompetensi dasar menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif pada siswa kelas XI 18-4 SMA Negeri 2 Malang / Geo Sukma Mardali Prihatmoko

Prihatmoko, Geo Sukma Mardali (2010) Penerapan cooperative learning model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar geografi kompetensi dasar menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif pada siswa kelas XI 18-4 SMA Negeri 2 Malang / Geo Sukma Mardali Prihatmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci cooperative learning model two stay two stray (TSTS) hasil belajar. Observasi awal diketahui bahwa metode pembelajaran Geografi yang dilakukan di SMA Negeri 2 Malang adalah ceramah pemberian tugas dan kerja kelompok. Metode yang digunakan masih kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa cenderung hanya menerima apa yang diberikan oleh guru. Dalam kegiatan diskusi kelompok selama ini belum pernah diterapkan diskusi yang mengembangkan pengetahuan siswa hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hal itu terlihat dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 62% dan rata-rata kelasnya sebesar 71 86. Jumlah ketuntasan belajar siswa itu kurang dari standar ketuntasan minimal (SKM) untuk mata pelajaran Geografi sebesar 75 dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 8805 85%. Hasil belajar tersebut perlu ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) karena model ini mengajak siswa untuk lebih aktif dan dapat mengembangkan pengetahuan siswa sehingga dengan diskusi yang mengembangkan pengetahuan siswa diharapkan pengetahuan siswa akan bertambah dan hasil belajarnya juga meningkat. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Nopember Desember 2009. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IS-4 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus Teknik pengumpulan data melalui tes. Tindakan yang dilakukan yaitu pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 71 86 pada siklus 1 meningkat menjadi 74 4 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82 81. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar 62% siklus 1 sebesar 74% dan pada siklus 2 menjadi 91%. Berdasarkan hasil tersebut disarankan (1) Bagi guru geografi agar menggunakan model two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran kooperatif model two stay two stray dengan subjek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100303

Actions (login required)

View Item View Item