Pemanfatan Internet Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mahasiswa Jurusan teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Oleh Arafah Husna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfatan Internet Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mahasiswa Jurusan teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Oleh Arafah Husna

Arafah (2010) Pemanfatan Internet Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mahasiswa Jurusan teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Oleh Arafah Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi internet merupakan jenis media e-Education yang dapat menciptakan interaksi dua arah secara online. Kini media ini semakin popular digunakanu ntuk mengembangkanp rosesb elajar mengajar k arenas elain bersifat interaktif media ini terhubungdenganjaringan global dunia sehinggajangkauan aksesnya tak terbatas. Pemanfaatan internet sebagai media belajar dirancang untuk memfasilitasi kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar yang efektif dan efisien. Sebagai perwujudan peningkatan kualitas pendidikan di jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang disediakanlah fasilitas untuk mengaksesin ternet ( ruang intemet di LabolatoriumT EP ) sebagai salahs atu media untuk belajar bagi mahasiswanyaN. amun pemanfaatanin i tidak akan mernberikann ilai tambah yang besar bila pemanfaatannyati dak optimal. Untuk melihat sejauhm anap ernanfaatanm edia intemet ini termasukp emanfaatan ruang internet yang ada di jurusan TEP itulatL penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini adalahu ntuk mendeskripsikan(l ) Alasanm ahasiswa TEP memanfaatkan internet (2) Intemet dalam menur ang kegiatan belajar mahasiswa TEP (3) Frekwensi mahasiswa TEP mengakses internet (4) Jenis fasilitas intemet yang sering dimanfaatkan (5) Kondisi ruang internet di Labjurusan TEP (6) Faktor pendukung dimanfaatkannya internet sebagai penunjang belajar (7) Faktor penghambat dimanfaatkannya internet sebagai penunjang belajar. Penelitian ini dilakukan di jurusan Teknologi Pendidikan FIP LIM Malang yang menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil populasim ahasiswaju rusanT EP angkatan1 999 2002 berjumlah1 30 d iambil sampel sebanyak 50 orang yang diambil secara random. Instrumen pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket observasi dan wawancara denganm enggunakante knik analisisd ata presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan (l) Alasan yang paling mendorong tumbuhnya motivasi para mahasiswa jurusan TEP UM memanfaatkan internet ialah karena adanya ketersediaan informasi yang up to date sehingga dapat mengikuti perkembangan llmu pengeahuan dan teknologi (Iptek) yang te adi diberbagai belahan dunia (2) Pihak dosen masih belum cukup menunjang mahasiswaj urusan TEP UM untuk mendayagunakanin ternet secarao ptimal 1 - I YI lv khususnyam endayagunakanfa silitas ruang intemet yang sudaht ersediad i LAB TEP lJM (3) Frekwensi pemanfaatan internet yang masih minim dapat disimpulkan bahwa masih kurangrrya kesadaran dari mahasiswa TEP UM untuk membiasakand iri mendayagunakanin temet dalam kegiatan belajamya karena masih terpaku dengan pembelajaran secara konvensional saja (4) Lima aplikasi standard intemet yang dapat dipergunakan untuk keperluan pendidikan (e-mail milis FTP Newsgroup dan WWW) hanya fasilitas e-mail dan WWW yang telah diketahuid an dimanfaatkans ecarao ptimal bagi mahasiswaju rusan TEP UM (5) Kondisi ruang intemet di LAB TEP UM yang kurang nyzlman pelayanan dari petugas LAB yang kurang baik serta kapasitas luas ruangan yang terbatas mengakibatkanm ahasiswanyale bih memilih mengaksesin ternet di wamet luar kampus daripada memanfaatkan fasilitas internet yang telah disediakan oleh jurusan ( 6) Intemet dapat menunjang kegiatan belajar para pemakainya karena selain intemet merupakan media pendidikan yang efektif dan efisien dan dapat membangkitkan gairah serta motivasi belajar juga didukung oleh adanya karakteristik intemet yang khas yang memungkinkan terselenggaranyap roses belajar mengajar (7) Faktor penghambatd imanfaatkannyain temet dalam dunia pendidikan selain karena faklor adanya kelemahan dari internet itu sendiri (dalam hal ini yang paling menonjol ialah mengeksploitaspi ornografi)j uga disebabkan karena kurangnya penguasaan dari SDM dalam mengoperasikan internet kurangnyap enguasaanb ahasaI nggris dan biaya mengaksesin temet yang masih cukup mahal. Untuk opimalisasi pemanfaatan internet dalam menunjang belajar khususnya pemanfaatan ruang intemet yang tersedia di jurusan TEP) maka peneliti menyarankan (l) Membuat kebijakan - kebijakan yang merangsang tumbuhnya kesadaran budaya berintemet civitas akademika terutama dosen misalnyad enganm embuatp elatihan- pelatihan pemanfaatanin temet (2) Pihak jurusan khususnya pengelola LAB TEP kiranya dapat membuat kebijakan - kebijakanb aru yang marupum enggugahm ahasiswau ntuk memanfaatkanin ternet baik dengan penambahan fasilitas / sarana prasarana hardware maupun sotware kondisi fisik ruang intemet serta tak kalah pentingnya peningkatan pelayanan (3) Hendalatya para pengguna internet pada umumnya dan mahasiswa TEP UM pada khususnya dapt lebih selektif dalam mencari informasi yang disajikan oleh situs - situs intemet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1002

Actions (login required)

View Item View Item