Analisis materi pembelajaran menulis dalam buku teks Pintar Berbahasa Indonesia untuk SLTP kelas II berdasarkan faktor-faktor penentu tindak komunikatif <BR>oleh Sri Catur Purnawati

Purnawati, Sri Catur (2000) Analisis materi pembelajaran menulis dalam buku teks Pintar Berbahasa Indonesia untuk SLTP kelas II berdasarkan faktor-faktor penentu tindak komunikatif <BR>oleh Sri Catur Purnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kesesuaian materi pembelajaran menulis dalam buku teks Pintar Rerbahasa Indonesia SL7'[' Kela,s2 denganb utir-butir pembela,laranm enulis dalamK urikulum Pendidikan l)asur (;RPj' SLI'P Mata ]'elaiarun: Ruhasa lndonesia dan deskripsi kesesuaian materl pembelajaran menulis dalam buku teks Pintur Berbahasa Indonesia SLI'P Kelas 2 berdasarkan faktor-faktor penentu tindak komunikatif yang meliputi: penyampai. penerimat,o pik, setting/latarj,a lur, situasi,m edia,d an tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif evaluatii Adapun data yang diperoleh berupa paparan bahasa materi pembelajaran menulis dalam buku teks Pintar Berbalta,sa Indonesia SL'II' Kelas 2. Sumber datanya ialah seluruh materi pÔé¼mbelajaran menulis yang disajikan dalam buku teks Pinrar IJerbahass Indonesia SL'IP Kelas 2. lnstrumen penelitian ini berupa format-format identifikasi.Pengumpulan data dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: (1) tahap persiapan, (2) tahapp elaksanaan,d an (3) tahap penyelesaian. Hasil analisis data menunjukan bahwa ada kesesuaian antara materi pembelajaran menulis dalam buku teks Pintat Berbqhasq Indonesia SLT'P Kelas 2 dengan butir-butir pembelajaran menulis dalam Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP SLTI, Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari persentase kesesuaianny,a y aitu 77o/oM. eskipun dapat dikatakan sesuai,n amun masih adab utirbutir pembelajaran yang belum tercantum dalam materi pembelajaran menulis. Hasil analisis data diperoleh dapat diketahu bahwa materi pembelajaran menulis dalam buku teks Pintar Berbahasa Indonesia SI.TP Kelss 2, 59 % sesuai dengan faktorfaktor penentu tindak komunlkatif,2So/o cukup sesuai dengan faktor-faktor penentu tindak komunikatit dan 13% kurang sesuai dengan faldor-fallor penentu tindak komunikatif. Faktor-faktor penentu tindak komunikatif yang tidak tercantum pada setiap materi pembelajaran menulis dalam buku teks PBI 2, di antaranya ialah latar, situasi, media, dan tujuan. iv Temuanp enelitianin i dapatd imanfaatkaonl ehp enga-iapre, nyusubnu kut eks dan pengambil keb4akan di jajaran Depdikbud. Bagi pengajar bahasa lndonesra, temuan penelitian ini dapat digunakan untuk memilih tugas menulis dari buku teks lain yang mencantumkanb utir-butir pembelajaranm enuliss ebagapi elengkapb uktt teks Pintar Berbahasa Indonesia SI''|'P Kelas 2, dan dapat digunakan untuk melengkapfia ktor-faktorp enentut indak komunikatif yang belum tercantumd alan't materip embelajaranm enulis dalam buku teks Pinlar BerbahasaI ntlone,siaS ['T'P Kelas2 denganm enggunakabnu ku lain sebagapi elengkapB agi penyusunb ukut eks, temuanp enelitiani ni dapatd imanfaatkanu ntuk menyempumakabnu ku yang akan ditulis denganm encantumkanfa ktor-faktorp enentut indak komunikatif dan dapat digunakanu ntuk melengkapi buku teks yang belum mencantumkanb utir-butir pernbelajaranm enulis. Bagi pengambilk ebiiakan di jajaran Depdikbud,t emuan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebr.lakanb utir-butir pembelajaranm enulis dan buku teks yang akan digunakan dalamp embelaiaradni sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2000 04:29
Last Modified: 09 Sep 2000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10019

Actions (login required)

View Item View Item