Karakteristik bahasa guru taman kanak-kanak dalam mengajar: studi kasus bahasa guru taman kanak-kanan Kusuma mulia II Jagalan Kediri oleh Vieta Karina - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik bahasa guru taman kanak-kanak dalam mengajar: studi kasus bahasa guru taman kanak-kanan Kusuma mulia II Jagalan Kediri oleh Vieta Karina

Karina, Vieta (2000) Karakteristik bahasa guru taman kanak-kanak dalam mengajar: studi kasus bahasa guru taman kanak-kanan Kusuma mulia II Jagalan Kediri oleh Vieta Karina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa memegang perarr penting dalam kehidupan manusia seb rgai alat komunikasi b aik antarindividu maupun dalam kehidupanb ermasl arakatD. alarn berbahasa manusia memiliki karakteristik tertentu yang menjadi t iri khasnya- Kekhasan itu dipengaruhi oleh lingkungan hidup termasuk lingkungan profesinya salrrh satunya adalah guru TK. Karakteristik bahasa yang digunakan guru TK dalam mengajar merupakan manifestasi gaya mengajamya yang menjadi snlah satu kunci terselenggaranykae berhasilanp rosesb elajar-mengajar Bertolak dari ureian di atas penelitian ini mengkaji tiga pokok permasalahan yaitu (l) diksi yang digunakan guru TK dalam mengajar (2) struktur kalimat 1 ang digunakang uru TK dalam mengajard an (3) fenomenak edwibahasaayna ng muncul pada bahasa guru TK dalam mengajar. Untuk menjawab permasalahan di atas digunakan teori tentang karakteristik bahasa guru TK dalam mengajar yang meliputi diksi kalimat dan kedwibahasaans erta teori tentangg uru dan mengajard an Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang diambil adalah studi kasus yang lebih mengarah pada ragam studi kasus observasi. Peneliti bertindak sebagai instrumen yang terlibat langsung dalam kegia.tanm erekam m enyeleksi d an mengdnalisisd ata.A lat bantu yang digunakan berupat ape recorder k aset s erta lembar pengamatanf.l ata penelitian ini terupa kata dan kalimat yang diujarkan oleh guru TK serta fenomena kedwibahas um yang muncul pada saat mengajar. Untuk itu sumbgr data penelitian ini adalah guru-guru TK yang terdiri atas 3 orang guru dari TK Kusuma Mulia ll Jagalan Krta Kediri. Analisis data dilakukan dengan prosedur reduksi data sajian data dan verifikasi sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui trianggulasi sumber data dan trianggulasi peneliti. Hasil penelitian yang diperoleh disajikan sebagai berikut. Pertam4 penggunaan kata-kata oleh guru TK sebanyak 159 kata. Jenis kata dalam bahasa Indonesia yang ditemukan sebanyak 122 kata dengan rincian I 16 kata bahasa lndcnesia baku dan 6 kata bahasa lndonesia tidak baku. Kata dalam bahasa Jawa yang ditemukan sebanyak 37 kata dengan rincian 32 kata bahasa Jawa Ngoko dan 5 kata bahasa Jawa Krama. Pemilihan kata dalanr bahasa Jawa dianggap lebil bisa mewakili maksudy ang ingin disampaikang uru di sampinga dan ilai rasay ang lebih kental dalam pemakaiannya. Penggunaan kata-kata dalam bahasa Indonesia di kelas Sertujuan agar sisrva TK memiliki perbendaharaaank osakata yang lebih banlak feOua Ufli ut yang digunakan oleh guru tK dalam mengajar memiliki pola yang sederhanaP enggunaanX uiirnortunggaisebanlak 34 kalimat dan penggunaank alimat t.rpi f Uai-yat lO f.lirnur. lia]imat kompleks yang ditemukan. yaitu kalimat il i i .uuoramutir y- - k kategorik eierangakno odisionakl ategori keteranganw aktu dan k keterangan.seuaus e rtak alimat kompleks knordinatif yang tenn.suk dalam latffii relasi pe-rnilihan..Ketig4 ditemukan sebanl ft 5 ujaran ffi ia dalam mengajJ yung termasuk.dalanr alih kode dan 16 u aran 1 ang termasuk dalam campur k S tuu peristiwa alih kode yang terjad termasuk kategorialihkodeantarabahasadaerahlbahasaJawa)denganbahasanasiona o - Indonesia).B ahasaJ arvad igunakanu rtuk menegaskanm akna pesanl ang iigin Jiru-p ikan oleh uru. Pada ieristiwa campur kode guru TK lebih banyak rJlukukun campur kode dengan menyisipkan unsur kata Berdasarkanh asil pe nelitiany ung diperoleh diajukan saran sebagaib erikut. Pertama karena para guru TK teUiir Uanyat menggunakan lah.asa.J1va daripada banasa lndonesia dalam menga ar di kelas maka penggun n -k 9 1 bahasa tersebut ik y berupaa rin tJe m aupilnc ampur kode yang komunikatif dan proporsional. Kedua penelitian n ng bahasa gut i ( dalam mingajar yang dilakukan peneliti bellm cukup mendalamia n rinci iehinggam asihd iperlukanp enelitianl anjutana gar Jip i f n data yang r uiin eny iu.un iJnt g. karakteristik bahasa guru TK dalam .l g .i i ditinjau aari asp.[ keLahasaany anglain s p rti penggunaank inesik gaya bahasa d an sebagainyak. tiga mengingat kompleksitasp enelilian tentang bahasa ttrifugu r n u.nt un-pu[u p n iiti ieLanlutnyau ntuk menelitib ahasas iswa l K sebagaLi alikarlrespon dari bahasag uru TK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2000 04:29
Last Modified: 09 Sep 2000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10018

Actions (login required)

View Item View Item