Identifikasi potensi daya tarik wisata Pantai Kutang di Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan / Andhy Kusuma

Kusuma, Andhy (2020) Identifikasi potensi daya tarik wisata Pantai Kutang di Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan / Andhy Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kusuma, Andhy. 2019. Identifikasi Potensi Daya Tarik Wisata Pantai Kutang di Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd, (2) Dra. Yuswanti Ariani W, M.Si Kata Kunci: Identifikasi, Daya Tarik, Wisata Pantai Kutang. Kabupaten Lamongan memiliki potensi pariwisata yang salah satunya adalah wisata pantai. Salah satu wisata pantai yang ada di Lamongan adalah Wisata Pantai Kutang yang terletak di Desa Labuhan Kecamatan Brondong. Wisata Pantai Kutang memiliki keindahan alam yang menarik, namun potensi tersebut belum teridentifikasi dengan baik. Permasalahan yang ada pada kawasan wisata ini salah satunya yaitu belum ditingkatkannya secara maksimal dari segi pengembangan berupa memanfaatkan kawasan wisata pantai menjadi suatu kawasan yang berbasis wisata alam edukasi. Untuk itulah potensi pantai perlu diidentifikasi dan dilakukan penilaian dengan menggunakan ADO-ODTWA. Penelitian Identifikasi Potensi Daya Tarik Wisata Pantai di Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan bertujuan untuk (1) Mengetahui potensi dan daya tarik wisata Pantai Kutang di Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan (2) Untuk mengetahui kriteria kelayakan wisata yang ada di Pantai Kutang.Penelitian ini menggunakan metode survey berupa pengamatan dilapangan secara langsung dan wawancara dengan pihak pengelola dan pengunjung serta analisis data sekunder yang diperoleh dari instansi, lembaga pemerintahan dan swasta di Kabupaten Lamongan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode skoring kemudian diolah dengan menggunakan Pedoman Analisis Daerah Operasi Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ADO-ODTWA) Direktorat Jendral PHKA (2003) yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan wisata pantai kutang tergolong kedalam klasifikasi sedang dengan kategori potensial dimana hasil penilaian yang didapatkan dengan jumlah skor sebesar 2305 dari 2970. Kategori sedang ini merupakan kategori yang memiliki potensi dan dapat dikembangkan dengan persyaratan pembinaan lebih lanjut. Berdasarkan temuan penelitian, terdapat beberapa saran untuk memaksimalkan lahan kawasan pantai, merawat dan memperbaiki berbagai wahana dan fasilitas pelengkap, melengkapi sarana dan parasarana yang belum ada dengan melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah kabupaten maupun pihak swasta terkait, dan ningkatkan pemeliharaan ekosistem mangrove dan peningkatan sarana dan meningkatkan kualitas SDM pengelola. Selain itu pemerintah maupun pihak pengelola dapat melakukan sosialisasi dan pembinaan lebih lanjut kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran akan wisata beserta pemanfaatannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100114

Actions (login required)

View Item View Item