Pengaruh karakteristik keluarga Pasangan Usia Subur (PUS) terhadap jumlah anak yang diinginkan di kampung KB Dusun Kedampul Desa Duwet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Uzlifatul Azlina

Azlina, Uzlifatul (2019) Pengaruh karakteristik keluarga Pasangan Usia Subur (PUS) terhadap jumlah anak yang diinginkan di kampung KB Dusun Kedampul Desa Duwet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Uzlifatul Azlina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azlina, Uzlifatul. 2019. Pengaruh Karakteristik Keluarga PUS (Pasangan Usia Subur) terhadap Jumlah Anak yang Diinginkan di Kampung KB Dusun Kedampul Desa Duwet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos., (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si. Kata Kunci: Jumlah Anak yang Diinginkan, Pendidikan Istri, Pendapatan Keluarga, Lama Bekerja Istri, Usia Kawin Pertama Istri, dan Jarak Kelahiran Anak. Jumlah anak yang diinginkan merupakan keinginanPasangan Usia Subur (PUS) dalam memiliki jumlah anak. Jumlah anak yang diinginkan dapat dipengaruhi oleh karakteristik dari keluarga PUS itu sendiri yang mana karakteristik tersebut berupa karakteristik sosial, ekonomi, dan demografi. Besarnya keluarga ditentukan oleh jumlah anak, sehingga keluarga PUS akan menambah jumlah anak hingga mencapai jumlah keluarga yang diinginkan. Keluarga dikatakan sebagai keluarga besar jika memiliki lebih dari dua anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh karakteristik keluarga PUS terhadap jumlah anak yang diinginkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan data yang digunakan bersifat cross sectional. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel responden menggunakan metode Random Sampling dengan jumlah 78 sampel. Analisis data yang digunakan adalah tabulasi tunggal, tabulasi silang, dan uji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pendidikan istri berpengaruh negatif terhadap jumlah anak yang diinginkan. Istri dengan pendidikan SMP kebawah menginginkan 3-4 anak, sedangkan istri dengan pendidikan SMA keatas menginginkan sebanyak 2 anak. Pendapatan keluarga, usia kawin pertama istri, lama bekerja istri, dan jarak kelahiran anak tidak berpengaruh terhadap jumlah anak yang diinginkan, hal ini disebabkan oleh persepsi orangtua terhadap anak itu sendiri. Sebagian orangtua menilai anak dengan nilai positif dan sebagian yang lain menilai anak dengan nilai negatif. Pada uji secara bersama-sama menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh karakteristik keluarga PUS terhadap jumlah anak yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100097

Actions (login required)

View Item View Item