Dampak penambangan pasir terhadap kualitas air di sungai Regoyo Kabupaten Lumajang / Aulia Agustin Qurotula'yun - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak penambangan pasir terhadap kualitas air di sungai Regoyo Kabupaten Lumajang / Aulia Agustin Qurotula'yun

Qurotula'yun, Aulia Agustin (2020) Dampak penambangan pasir terhadap kualitas air di sungai Regoyo Kabupaten Lumajang / Aulia Agustin Qurotula'yun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas air Sungai Regoyo sebagai hasil dari kegiatan penambangan pasir di Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode survei melalui pendekatan kuantitatif menggunakan pengujian laboratorium. Metode survei dalam penelitian ini adalah melalui pengukuran langsung di lapangan yaitu debit kedalaman sungai suhu dan pH sedangkan tes laboratorium digunakan untuk menentukan besi (Fe) Mangan (Mn) permintaan oksigen biokimia (Permintaan Oksigen Biologis / BOD) permintaan oksigen kimia (Chemical Oxygen Demand / COD) Dissolved Oxygen (DO) Total Dissolved Solids (TDS) dan Total Suspended Solids (TSS). Pengukuran kualitas air diproses menggunakan metode Indeks Pencemaran (IP). Indeks ini dinyatakan sebagai Indeks Polusi (Indeks Polusi) yang digunakan untuk menentukan tingkat polusi relatif terhadap parameter kualitas air yang diizinkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai indeks polusi di bagian hulu sungai yang tercemar ringan di tengah-tengah sungai yang tercemar sedang. Sementara nilai indeks polusi di hilir menghasilkan polusi ringan dengan nilai terendah di antaranya mendekati dalam kondisi baik ini karena di hilir sungai saat ini tidak ada kegiatan penambangan dan pada titik ini sungai dapat membersihkan diri atau menetralisir isi di dalam air. Penambangan pasir di Sungai Regoyo harus dilakukan dengan syarat jumlah penambang terbatas sehingga tidak berdampak negatif pada kondisi kualitas air sungai. Pengujian parameter kualitas air secara menyeluruh sehingga diketahui polutannya diketahui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100089

Actions (login required)

View Item View Item