Analisis pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada wanita Pasangan Usia Subur (PUS) di Desa Sukosari Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang / Windya Dewi Artika

Artika, Windya Dewi (2020) Analisis pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada wanita Pasangan Usia Subur (PUS) di Desa Sukosari Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang / Windya Dewi Artika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Artika, Windya Dewi. 2019. Analisis Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Pada Wanita Pasangan Usia Subur (PUS) Di Desa Sukosari Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang.Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si., (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si. Kata Kunci: Pemilihan MKJP, Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan MKJP. Program keluarga berencana terbilang cukup berhasil di Indonesia, contoh kecil ialah akseptor KB yang memilih jenis MKJP di Desa Sukosari terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan desa-desa lainnya yang berada di Kecamatan Kasembon. Pemilihan MKJP tersebut dapat dipengaruhi oleh karakteristik dari wanita pasangan usia subur itu sendiri. Alasan wanita PUS menggunakan MKJP ialah jangka waktu menggunakan alat kontrasepsi yang panjang dan merasa sangat praktis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan karakteristik wanita PUS dengan faktor kognitif, faktor afektif, dan faktor psikomotorik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan data yang dibutuhkan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel responden menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 97 sampel. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tabulasi tunggal, tabulasi silang, uji univariat dan multivariate. Hasil dari penelitian pemilihan metode kontrasepsi jangka panjang di Desa Sukosari tinggi ini menunjukkan bahwa, usia wanita pasangan usia subur muda atau 20-24 tahun sudah menggunakan alat kontrasepsi MKJP hal ini sesuai dengan program KB. pengetahuan tentang alat kontrasepsi berpengaruh ditunjukkan dengan ibu berpengetahuan baik, dukungan suami berpengaruh ditunjukkan dengan jawaban dari kebanyakan ibu yang mendapatkan dukungan dari suami, anak lahir hidup yang dilahirkan oleh ibu sebanyak 2 anak . Pendidikan, pekerjaan, dan informasi dari PLKB tidak berpengaruh terhadap pemilihan metode kontrasepsi jangka panjang, hal ini disebabkan oleh persepsi ibu terhadap alat kontrasepsi yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100085

Actions (login required)

View Item View Item