Analisis wisata air terjun Sendang Gile sebagai objek wisata pendukung di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani / Rachmat Agumdhana

Agumdhana, Rachmat (2019) Analisis wisata air terjun Sendang Gile sebagai objek wisata pendukung di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani / Rachmat Agumdhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agumdhana, Rachmat. 2019. Analisis Wisata Air Terjun Sendang Gile Sebagai Objek Wisata Pendukung di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si. (2) Dr. Didik Taryana, M.Si. Kata Kunci : Taman Nasional Gunung Rinjani, Air terjun Sendang Gile, Analisis (ADO-DTWA). Karakteristik pada tiap objek wisata alam adalah berbeda antara satu dengan objek wisata alam lainnya, pada Taman Nasional Gunung Rinjani terdapat beberapa wisata sebagai objek wisata pendukung yang berada pada satu kawasan, salah satunya adalah Air Terjun Sendang Gile, kemudian untuk menentukan objek wisata layak dikembangkan menjadi sebuah daerah tujuan wisata yang baik atau sebagai saran dalam pengembangan wisata yang belum dimaksimalkan, maka dilakukan suatu proses analisis mengenai potensi objek wisata. Penelitian ini berfokus pada objek wisata air terjun Sendang Gile berlokasi di Kecamatan Bayan Desa Senaru Kabupaten Lombok Utara. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah melakukan analisis pada objek wisata air terjun Sendang Gile di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, dengan berpedoman pada Analisis Daerah Operasi Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ADO-DTWA) menurut Dirjen PHKA 2003, dalam mendukung wisata didalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Kegiatan analisis potensi wisata alam dilakukan dengan melakukan penilaian pada objek wisata alam. Kegiatan penelitian berupa analisis berpedoman pada Analisis Daerah Operasi Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ADO-ODTWA) yang dikeluarkan oleh Dirjen PHKA tahun 2003 (Pedoman ADO-ODTWA: 2003). Dari proses analisis menunjukkan hasil karakteristik objek wisata alam Air Terjun Sendang Gile berdasarkan tingkat kelayakannya termasuk layak. Penilaian tersebut didapat dari proses penilaian unsur-unsur dari kriteria kelayakan objek wisata yaitu unsur daya tarik termasuk dalam kriteria layak, unsur aksesbilitas termasuk kriteria layak, unsur pengelolaan dan pelayanan termasuk dalam kriteria layak, unsur akomodasi termasuk dalam kriteria tidak layak, dan sarana penunjang termasuk dalam kriteria layak. Dari anilisis berdasarkan penilaian kelayakannya objek wisata Air Terjun Sendang Gile berpotensi dan layak untuk dikembangkan. Walaupun akomodasi masih belum layak dan masih perlu perbaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100081

Actions (login required)

View Item View Item