Evaluasi sumberdaya lahan dan daya dukung kawasan wisata Pantai Parang Ireng di Kabupaten Banyuwangi / Tri Buwono Juniar Laksono

Laksono, Tri Buwono Juniar (2019) Evaluasi sumberdaya lahan dan daya dukung kawasan wisata Pantai Parang Ireng di Kabupaten Banyuwangi / Tri Buwono Juniar Laksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Laksono, Tri Buwono Juniar. 2018. Evaluasi Sumberdaya Lahan Dan Daya Dukung Kawasan Wisata Pantai Parang Ireng Di Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, Program Studi Geografi, Jurusan Geografi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D. Kata Kunci: Evaluasi lahan pantai, Daya dukung kawasan. Salah satu wilayah atau provinsi yang memiliki banyak potensi dan daya tarik wisata yang signifikan untuk dikembangkan terutama pada pesona alamnya yaitu Kabupaten Banyuwangi. Namun, disamping kekayaan potensi pariwisata yang ada tersebut, masih ada beberapa potensi pariwsata yang masih belum dikembangkan sama sekali. Salah satu contoh yaitu objek wisata pantai, dikarenakan dari jumlah seluruh pantai yang ada di Kabupaten Banyuwangi, ada beberapa yang masih belum dikelola menjadi tempat wisata. Penelitian ini dilakukan di Pantai Parang Ireng Kabupaten Banyuwangi dengan bertujuan untuk: 1). Mengetahui tingkat kesesuaian lahan wisata dari Pantai Parang Ireng di Kabupaten Banyuwangi, 2). Mengetahui tingkat daya dukung kawasan wisata dari Pantai Parang Ireng di Kabupaten Banyuwangi, 3). Mencari dan menentukan strategi pengembangan wisata dari Pantai Parang Ireng di Kabupaten Banyuwangi berdasarkan daya dukung kawasan. Penelitian kali ini menggunakan pendekatan survey deskriptif kuantitatif yang mana pendekatan tersebut untuk menggambarkan atau menjelaskan potensi kondisi lahan objek wisata serta dengan melakukan pengukuran secara langsung di lapangan. Pengukuran tersebut dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi kesesuaian lahan (ESL) serta daya dukung kawasan (DDK). Hasil dari penelitian kali ini yaitu Pantai Parang Ireng memiliki nilai indeks kesesuaian wisata (IKW) yaitu sebesar 70 % dan tingkat kesesuaian lahannya tergolong dalam kategori S2 (cukup sesuai) dalam indeks kesesuaian wisata. Akan tetapi masih ada beberapa faktor atau parameter dari indeks kesesuaian wisata yang sangat perlu untuk diperhatikan dan dikembangkan lebih lanjut contohnya dari parameter salinitas sumber air bersih dan ketersediaan air bersih yang harus disediakan atau dibangun di sekitar objek penelitian tersebut. Tingkat nilai daya dukung kawasan (DDK) yang dimiliki oleh Pantai Parang Ireng adalah sebesar 849 orang/hari. Jumlah tersebut sangat sinkron dan cocok dengan luas atau panjang kawasan dari pantai tersebut yaitu memiliki luas sebesar 16.335 km2 dan memiliki panjang pantai sebesar 550 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100070

Actions (login required)

View Item View Item