Pengaruh faktor sosial ekonomi dan budaya terhadap pernikahan dini pasangan usia subur di Desa paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan / Moch. Ghozali Arifin

Arifin, Moch. Ghozali (2018) Pengaruh faktor sosial ekonomi dan budaya terhadap pernikahan dini pasangan usia subur di Desa paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan / Moch. Ghozali Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arifin, Ghozali, M. 2018. Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Dan Budaya Terhadap Pernikahan Dini Pasangan Usia Subur Di Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Budijanto, M. Sos. (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si. Kata Kunci: Pernikahan Dini, Faktor Sosial, Ekonomi, Budaya Batasan usia pernikahan ideal telah ditetapkan oleh BKKBN yaitu minimal usia 21 tahun untuk perempuan, dan 25 tahun untuk laki-laki. Pernikahan remaja dibawah batasan usia ideal masih banyak dilakukan. Pernikahan dini di Desa Paciran selama tiga tahun terakhir mengalami kenaikan yang signifikan yakni tahun 2015 sebesar 38,8%, kemudian tahun 2016 sebesar 47,6%, serta tahun 2017 sebesar 53,4% dari jumlah pernikahan. Beberapa faktor yang dapat melatarbelakangi pernikahan dini adalah faktor sosial, ekonomi, dan budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor sosial, ekonomi, dan budaya terhadap pernikahan dini di Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode expose facto untuk mengetahui fenomena yang telah terjadi di lapangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel dalam penelitian sejumlah empat variabel, yaitu, faktor pendidikan, pendapatan, budaya, dan usia kawin pertama. Jumlah populasi penelitian yang digunakan yaitu 78 responden dari 3 dusun di Desa Paciran. Penentuan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survey. Analisa data yang digunakan dalam penelitian yaitu tabulasi tunggal, tabulasi silang, dan uji statistik regresi linier berganda. Hasil analisis tabulasi silang dan uji regresi linier berganda simultan (uji F) menunjukkan bahwa faktor sosial, ekonomi, dan budaya secara simultan berpengaruh terhadap pernikahan dini di Desa Paciran. Uji regresi linier berganda parsial (uji t) menunjukkan variabel pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pernikahan dini. Berdasarkan hasil perhitungan sumbangan efektif, variabel pendidikan memberikan sumbangan paling dominan terhadap pernikahan dini, sedangkan variabel budaya memberikan sumbangan paling kecil. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor pendidikan yang paling berpengaruh terhadap tingginya angka pernikahan dini di Desa Paciran. Saran yang diajukan berdasarkan permasalahan yaitu 1) diperlukan adanya sosialisasi kebijakan usia pernikahan ideal serta dampak pernikahan dini bagi kondisi fisik ataupun psikologis, 2) Meningkatkan kepedulian masyarakat serta dukungan terhadap generasi muda agar menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100050

Actions (login required)

View Item View Item