Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir analisis siswa SMA Negeri 1 Turen / Sa'adatul Munawaroh

Munawaroh, Sa'adatul (2018) Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir analisis siswa SMA Negeri 1 Turen / Sa'adatul Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Munawaroh, Sa’adatul. 2018. pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir analisis siswa SMA Negeri 1 Turen. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si., (II) Purwanto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis proyek, berpikir analisis Model pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Guru menugaskan siswa untuk melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Model pembelajaran ini menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Model pembelajaran berbasis proyek daat mendorong siswa berpikir analisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan analisis pada materi jenis-jenis bencana dan penanggulangannnya di SMA Negeri 1 Turen. Berpikir analisis merupakan kemampuan siswa untuk menguraikan, memperinci, dan menganalisis suatu informasi. Informasi yang digunakan untuk memenuhi suatu pengetahuan dengan menggunakan akal dan pikiran. Saat berpikir akal dan pikiran harus mendapatkan alternatif solusi yang terbaik bukan berdasarkan perasaan atau tebakan. Kemampuan berpikir analisis dapat diperoleh siswa melalui penerapan pembelajaran yang inovatif, kontruktivistik, kreatif dan mampu mengajak siswa membangun pemahaman terhadap konsep yang dipelajari. Salah satu model pembelajaran inovatif berorientasi kontrutivistik adalah model pembelajaran berbasis proyek. Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek diteliti menggunaan rancangan penelitian quasi eksperimen pola non equivalen control grup design. Sebelum melaksanakan penelitian beberapa tahap dilakukan yakni: pembuatan instrumen penelitian (RPP, butir soal, teknik pengumpulan data), validasi instrumen (validitas dan realibilitas butir soal) menggunakan SPSS for windows Hasil penelitian eksperimen menujukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analisis siswa. dibuktikan dengan rata-rata nilai tes kemampuan berpikir analisis yang tinngi bagi kelas eksperimen yaitu 66,67% baik sedangkan kelas kontrol 30,30% baik. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas eksperimen sudah memnuhi stantar minimal kelulusan (75).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100049

Actions (login required)

View Item View Item