Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X IIS 3 MAN 3 Kediri / Ninis Firda Ariyani

Ariyani, Ninis Firda (2018) Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X IIS 3 MAN 3 Kediri / Ninis Firda Ariyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ariyani, Ninis Firda. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IIS 3 MAN 3 Kediri. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd (2) Drs. Hendri Purwito, M.Si Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Memecahkan Masalah Kemampuan memecahkan masalah adalah suatu proses mencari jalan keluar dari suatu masalah berdasarkan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh siswa yang diukur dengan indikator identifikasi masalah, merumuskan masalah, menganalisis masalah, menarik kesimpulan, melakukan evaluasi, memecahkan dan menyelesaikan masalah. Kenyataanya kemampuan memecahkan masalah kelas X IIS 3 MAN 3 Kediri rendah. Hal ini berdasarkan hasil tes kemampuan memecahkan masalah pra siklus. Diketahui sebagian besar (59%) atau 24 siswa memperoleh nilai dengan kualifikasi baik, kurang dari separuh (22%) atau 9 siswa memperoleh nilai dengan kualifikasi cukup, 15% atau 6 siswa memperoleh nilai dengan kualifikasi kurang, dan sisanya sebagian kecil (5%) atau 2 siswa memperoleh nilai kurang sampai sangat kurang. Selain itu rendahnya kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X IIS 3 dibuktikan dengan ketika guru memberikan pertanyaan yang berupa permasalahan yang kontekstual, yakni mengaitkan antara materi yang diajarkan di kelas dengan situasi dunia nyata. Siswa kurang mampu menjawab, karena sebelum memberikan solusi siswa kurang mampu untuk mengaitkan suatu penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari masalah yang diberikan guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X IIS 3 MAN 3 Kediri dengan menerapkan model inkuiri. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdapat dua siklus yang terdiri dari empat tahap pada setiap siklusnya yaitu; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 3 MAN 3 Kediri yang berjumlah 41 siswa. Data kemampuan memecahkan masalah siswa diperoleh dari hasil tes kemampuan memecahkan masalah yang dilakukan setiap akhir siklus. Tes kemampuan memecahkan masalah tersebut menggunakan soal essai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X IIS 3 MAN 3 Kediri. Hasil penerapan model pembelajaran inkuiri menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah pra siklus sebesar 62,75, nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah siklus I sebesar 74,63 dan nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah siklus II meningkat sebesar 84,97. Persentase peningkatan kemampuan memecahkan masalah dari pra siklus I ke siklus I sebesar 18% dan persentase peningkatan kemampuan memecahkan masalah dari siklus I ke siklus II sebesar 35%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100045

Actions (login required)

View Item View Item