Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKS untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IIS 4 MAN 3 Kediri / Nila Lailatun Ni'mah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKS untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IIS 4 MAN 3 Kediri / Nila Lailatun Ni'mah

Ni'mah, Nila Lailatun (2018) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKS untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IIS 4 MAN 3 Kediri / Nila Lailatun Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ni mah Nila Lailatun. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas XI IIS 4 MAN 3 Kediri. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata kunci Model Problem Based Learning LKS Kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan memecahkan masalah merupakan hal krusial dalam pembelajaran di abada ke 21. Pentingnya kemampuan memecahkan masalah didorong oleh semakin kompleksnya permasalahan dalam dinamika geosfer yang menuntut siswa untuk memikirkan solusi dalam pemecahannya. Kenyataannya kemampuan memecahkan masalah geografi siswa kelas XI khususnya di IIS 4 di MAN 3 Kediri masih rendah. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dengan guru dan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil observasai diketahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih rendah hal itu terlihat dari instrumen penilaian (evaluasi) khususnya soal dan tugas yang diberikan guru umumnya sebatas aspek konseptual kurang tepatnya guru menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang digunakan serta LKS yang kurang memberi latihan untuk memecahkan masalah. Akibatnya ketika siswa dihadapkan dengan masalah siswa mengalami kesulitan untuk memecahkannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IIS 4 MAN 3 Kediri dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKS. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdapat dua siklus yang terdiri dari empat tahap pada setiap siklusnya yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 4 MAN 3 Kediri yang berjumlah 40 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang langsung diperoleh dari subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kemampuan memecahkan masalah. Data tersebut diperoleh dari hasil tes kemampuan memecahkan masalah yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan LKS mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah siswa setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKS dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IIS 4 MAN 3 Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100043

Actions (login required)

View Item View Item