Evaluasi potensi air tanah dengan system dynamic modelling untuk kebutuhan industri / Yaasin Budi Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi potensi air tanah dengan system dynamic modelling untuk kebutuhan industri / Yaasin Budi Nugroho

Nugroho, Yaasin Budi (2018) Evaluasi potensi air tanah dengan system dynamic modelling untuk kebutuhan industri / Yaasin Budi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Yaasin Budi 2018. Evaluasi Potensi Air Tanah Dengan System Dynamic Modelling Untuk Kebutuhan Industri. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didik Taryana M.Si (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si Kata Kunci Potensi Air Tanah System Dynamic Modelling Industri Kabupaten Pasuruan Potensi air tanah adalah kuantitas air tanah berasal dari presipitasi lalu terinfiltrasi kedalam tanah dan tersimpan pada sistem akuifer. Besaran air tanah pada akuifer tertekan sangatlah bergantung pada serahan jenis tanah serta kondisi litologi pendukung tiap horizon. Semakin besar ketebalan suatu akuifer maka semakin tinggi pula debit air tanah tersimpan di dalamnya. Pemanfaatan akuifer tertekan oleh manusia terutama sektor industri semakin tidak dapat dibendung karena didukung oleh tingkat kebutuhan manusia yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh dari pemanfaatan air tanah industri oleh sumur bor terhadap potensi air tanah tertekan di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan system dynamic modelling untuk memprediksi guna mengevaluasi langkah terhadap penggunaan air. data penelitian diperoleh berdasar dua sumber yakni data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi laporan dari instansi dan geolistrik di lapangan. Pengolahan data menggunakan beberapa macam software arcMap 10.1 untuk pengolahan peta IPI2Win dan Progress untuk memproses data horizon litologi dan Powersim untuk pengolahan sistem dinamik modeling. Analisis data sekunder terbagi menjadi 4 diantaranya perhitungan potensi debit air tanah tertekan kebutuhan air industri causal loop diagram dan stock flow diagram. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa jumlah potensi air tanah pada kecamatan Prigen Pandaan dan Rembang memiliki debit 0 316 m3/hari. Aliran debit air di dalam tanah tersebut kecil maka diperlukan evaluasi potensi air tanah pada 3 kecamatan. Selama 5 tahun kedepan berdasarkan simulasi awal menunjukan penurunan secara drastis disebabkan oleh faktor tidak ada nilai penambahan pada awal periode ulang. Namun setelah melalui perlakuan bahwa ada nilai infiltrasi air pada tiap 1 tahun sekali penurunan drastis dapat diminimalisir meskipun sudah diturap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100037

Actions (login required)

View Item View Item