Mobilitas tenaga kerja sektor pertanian lahan komunal ke sektor non pertanian di Kelurahan Olakile (studi kasus Kelurahan Olakile - Kec. Boawae - Kab. Nagekeo - NTT) / Maria Christiane I. Lena

Lena, Maria Christiane I. (2018) Mobilitas tenaga kerja sektor pertanian lahan komunal ke sektor non pertanian di Kelurahan Olakile (studi kasus Kelurahan Olakile - Kec. Boawae - Kab. Nagekeo - NTT) / Maria Christiane I. Lena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Lena, Maria C.H. 2018. Mobilitas Tenaga Kerja Sektor Pertanian Lahan Komunal ke Sektor Non Pertanian di Kelurahan Olakile (Studi Kasus Kelurahan Olakile-Kec. Boawae-Kab. Nagekeo-NTT). Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si., (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si. Kata Kunci: mobilitas, tenaga kerja, sektor pertanian, lahan komunal, sektor non pertanian Kelurahan Olakile merupakan salah satu kelurahan yang terdapat di Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo Provinsi NTT. Kelurahan tersebut juga menjadi salah satu wilayah yang terkait dengan permasalahan lahan komunal. Hak komunal ini berhubungan dengan lahan pertanian yang menjadi dasar sebagian besar warganya memiliki mata pencaharian sebagai petani. Sempitnya lahan pertanian dan upah kerja yang rendah menjadi alasan utama masyarakat Kelurahan Olakile memilih untuk bekerja di daerah tujuan. Data terakhir Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Nagekeo tertera kurang lebih ada 76 migran dari Kelurahan Olakile memilih bekerja di luar daerah sebanyak 8 orang menjadi TKI di luar negeri (Malaysia), sedangkan 68 orang lainnya memilih bekerja di dalam negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karateristik sosial ekonomi migran, alasan yang mendorong dan menarik tenaga kerja untuk melakukan migrasi serta untuk mengetahui kontribusi tenaga kerja terhadap kondisi sosial ekonomi rumah tangga di Kelurahan Olakile. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, dimana metode yang digunakan adalah metode survey yaitu dengan mengumpulkan data dan menganalisa fakta di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi di mana data primer diperoleh melalui wawancara data sekunder berupa data migrasi yang diperoleh dari dinas pemerintahan di Kabupaten Nagekeo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa migrasi yang terjadi di Kelurahan Olakile sebagian besar adalah laki-laki yang sebagian besar sudah menikah dan rata-rata memiliki jumlah beban tanggungan 3. Alasan yang mendorong migran di Kelurahan Olakile bermigrasi adalah karena faktor ekonomi, misalnya upah yang rendah di daerah asal dibandingakan dengan daerah tujuan serta luas lahan dan hasil panen yang tidak terlalu menguntungkan. Kontribusi pendapatan migran terhadap kondisi sosial ekonomi keluarga sebagian besar memiliki persentase 61-70%. Beberapa rumah tangga mendapat kiriman setahun 2 kali, 4 bulan sekali, 2 bulan sekali dan sebagainya. Jumlah pengeluaran keluarga juga disesuaikan dengan banyak sedikitnya kiriman yang diterima. Semakin banyak jumlah kiriman maka jumlah pengeluaran juga semakin banyak, begitupun sebaliknya semakin sedikit jumlah kiriman maka jumlah pengeluaran juga dibatasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100031

Actions (login required)

View Item View Item