Kesejahteraan keluarga petani di Desa Manisharjo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi / Ratna Hidayatu Sholiha - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesejahteraan keluarga petani di Desa Manisharjo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi / Ratna Hidayatu Sholiha

Sholiha, Ratna Hidayatu (2018) Kesejahteraan keluarga petani di Desa Manisharjo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi / Ratna Hidayatu Sholiha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Sholiha Ratna Hidayatu. 2018. Kesejahteraan Keluarga Petani di Desa Manisharjo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi. Skripsi Program Studi Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budijanto M.Sos (II) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata Kunci karakteristik kesejahteraan petani Petani merupakan mayoritas mata pencaharian masyarakat desa yang memiliki taraf hidup kurang sejahtera. Tingkat kesejahteraan petani memiliki keterkaitan dengan karakteristik sosial ekonomi dan demografi yang dimiliki petani. Desa Manisharjo merupakan salah satu desa di Kecamatan Ngrambe dengan lingkup masyarakat desa yang sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian sebagai petani. Desa Manisharjo memiliki luas wilayah 311 54 Ha yang mana 70% (218 Ha) merupakan lahan sawah dan 30% (93 54 Ha) bukan lahan sawah. Oleh sebab itu maka diperlukan pengkajian mengenai kesejahteraan petani di Desa Manisharjo. Fokus Penelitian ini untuk mengungkapkan (1) karakteristik sosial ekonomi demografi petani (2) tingkat kesejahteraan petani (3) hubungan karakteristik sosial ekonomi demografi dengan tingkat kesejahteraan petani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dimulai dengan pengumpulan data analisis data dan terakhir mendeskripsikan hasil penelitian. Metode yang digunakan adalah survey dengan mengumpulkan data dan menganalisa fakta di lapangan. Penentuan sampel dilakukan secara proporsional random sampling dan didapatkan responden kepala keluarga petani berjumlah 84 orang sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara. Analisis data menggunakan tabulasi tunggal tabulasi silang dan uji korelasi spearman. Hasil analisis memaparkan tingkat kesejahteraan keluarga petani di Desa Manisharjo adalah rendah. Pendidikan luas lahan pola tanam hasil produksi dan pendapatan perkapita berhubungan positif terhadap tingkat kesejahteraan keluarga petani sedangkan beban tanggungan berhubungan negatif terhadap kesejahteraan keluarga petani. Saran yang dapat diajukan berdasarkan hasil penelitian adalah perlunya diadakan pengoptimalan pemanfaatan lahan kering dengan sistem penanaman yang sesuai dengan daya dukung tanah air serta iklim dan variabel lain yang turut berhubungan dengan tingkat kesejahteraan namun tidak diperhatikan dalam penelitian ini disarankan untuk penelitian selanjutnya untuk mempertimbangkan variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100024

Actions (login required)

View Item View Item