Analisis komparatif kondisi sosial ekonomi pada penduduk migran dan non migran terhadap tingkat fertilitas di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik / Titin Lichwatin

Lichwatin, Titin (2018) Analisis komparatif kondisi sosial ekonomi pada penduduk migran dan non migran terhadap tingkat fertilitas di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik / Titin Lichwatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lichwatin, Titin . 2017. Analisis Komparatif Kondisi Sosial Ekonomi Pada Penduduk Migran dan Non Migran Terhadap Tingkat Fertilitas Di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Singgih Susilo, M.S, M. Si., (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M. Si. Kata Kunci: Fertilitas, Kondisi Sosial Ekonomi, Penduduk Migran dan Non Migran Jumlah penduduk yang tiap tahun semakin meningkat menyebabkan beragam masalah sosial, seperti kepadatan penduduk yang nantinya akan berdampak pada tingginya angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh kesempatan kerja serta lapangan kerja. Tingginya laju pertumbuhan penduduk ini merupakan dampak dari tingginya angka kelahiran atau fertilitas yang terjadi di suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui perbedaan fertilitas pada penduduk migran dan non migran di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. (2) Untuk mengetahui perbedaan tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, pendapatan, usia kawin pertama, lama reproduksi, lama penggunaan kontrasepsi, serta jenis kontrsepsi terhadap tingkat fertilitas di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Teori yang digunakan pada penelitian ini yakni teori mengenai fertilitas yang dikemukakan oleh Davis dan Black, serta teori fertilitas terhadap migrasi yang di kutip dari penelitian Oey. Sedangkan untuk kondisi sosial ekonomi mengambil dari pendapat beberapa ahli yakni Hatmaji; Ananta; Tadjoddin Nur Effendi; Mantra; Singarimbun; dan Lucas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif, yakni membedakan antara fertilitas pada penduduk migran dan non migran dilihat dari kondisi sosial ekonominya. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji regresi dan uji beda dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu (1) terdapat perbedaan fertilitas antara penduduk migran dan non migran. Tingakat fertilitas penduduk migran lebih tinggi daripada penduduk non migran. (2) kondisi sosial ekonomi pada penduduk migran dan non migran berbeda, pada penduduk migran kondisi sosial ekonominya lebih tinggi daripada penduduk non migran. (3) usia kawin pertama penduduk non migran tergolong muda yakni dibawah 20 tahun sedangkan pada penduduk non migran usia kawin pertama tergolong tua yakni 20 tahun keatas sehingga lama reproduksi penduduk non migran lebih lama dari pada penduduk migran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tingkat fertiltas yang ada pada Kecamatan driyorejo tergolong tinggi, yakni terdapat anak lahir hidup 423 jiwa pada 195 responden baik pada penduduk migran maupun non migran. Sehingga jika kondisi ini dibiarkan maka laju pertumbuhan penduduk yang ada di Kecamatan Driyorejo tiap tahun akan selalu mengalami peningkatan. Adanya program Keluarga Berencana haarus lebih digalakkan untuk mencegah terjadinya ledakaan penduduk yang ada di Kecamatan Driyorejo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100019

Actions (login required)

View Item View Item