Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBl) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS di SMAN 6 Kediri / Brama Shandy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBl) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS di SMAN 6 Kediri / Brama Shandy

Shandy, Brama (2018) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBl) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS di SMAN 6 Kediri / Brama Shandy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shandy Brama. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPS di SMAN 6 Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (II) Purwanto S.Pd M.Si Kata Kunci Project Based Learning Kemampuan Berpikir Kreatif Model pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menggunakan projek sebagai proses kegiatan belajar siswa untuk membuat siswa lebih aktif dan mampu bekerjasama dalam kelompok. Model PjBL memiliki beberapa keunggulan yang mampu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPS di SMAN 6 Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan pretest dan posttest desain. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dua kelas yang mempunyai kemampuan setara kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian sebanyak 4 butir dengan mengacu pada indikator kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes yang bersifat subjektif. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil analisis yang dilakukan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa diketahui bahwa nilai probabilitas adalah 0 027. Hasil tersebut menunjukkan nilai probabilitas 0 027 0 05 dengan kata lain hipotesis nol (H0) ditolak dan (H1) dapat diterima atau dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Model pembelajaran Project Based Learning memiliki keunggulan yang mampu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Oleh sebab itu disarankan model ini digunakan dalam beberapa kompetensi dasar yang dirasa cukup sulit khususnya yang menuntut siswa untuk mampu berpikir secara kreatif sehingga akan memudahkan siswa dalam mencapai tahap tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100017

Actions (login required)

View Item View Item