Pemodelan arus pasang surut dan identifikasi sebaran Total Suspended Matter (TSM) pasca banjir lumpur di teluk Pantai Pulau Merah pada perairan selatan Kabupaten Banyuwangi / Achmad Zaini Hasan

Hasan, Achmad Zaini (2018) Pemodelan arus pasang surut dan identifikasi sebaran Total Suspended Matter (TSM) pasca banjir lumpur di teluk Pantai Pulau Merah pada perairan selatan Kabupaten Banyuwangi / Achmad Zaini Hasan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Hasan, Achmad Zaini, 2017. Pemodelan Arus Pasang Surut Dan Identifikasi Sebaran Total Suspended Matter (TSM) Pasca Banjir Lumpur Di Teluk Pantai Pulau Merah Pada Perairan Selatan Kabupaten Banyuwangi . Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D. (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si. Kata Kunci: Arus Pasang Surut, Pemodelan RMA2, TSM, Banjir Lumpur, Pulau Merah, Banyuwangi. Potensi Kabupaten Banyuwangi yang besar mulai dari pariwisata sampai potensi tambang memiliki berbagai keuntungan maupun kerugian yang harus dihadapi. Banjir lumpur yang terjadi di teluk pantai pulau merah merupakan salah satu resiko atau kerugian yang sudah dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Banyuwangi. Banjir yang terjadi pada pertengahan bulan Agustus 2016 telah berdampak secara langsung terhadap perekonomian masyarakat. Penelitian ini untuk mengetahui pola arus pasang surut dan sebaran sebaran sedimen pasca banjir lumpur di perairan selatan Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode survey dan analisis deskriptif. Penelitian ini mengacu pada proses pengolahan data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan adalah data Batrimetri perairan pulau merah dan data sekunder yang digunakan adalah data batimetri perairan selatan Kabupaten Banyuwangi, data pasang surut, data arus laut, data citra landsat, data curah hujan dan data debit sungai. pengolahan data untuk pemodelan arus pasang surut menggunakan model Resource Management Associates (RMA2) dalam software Surface Water Modelling System (SMS), sedangakn untuk pengolahan data Total Suspended Matter (TSM) menggunakan algoritma Syarif Budiman dengan memanfaatkan band merah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Arah dan kecepatan arus pasang surut hasil simulasi perairan selatan Kabupaten Banyuwangi dipengaruhi oleh gaya coriolis, tinggi muka air laut, bentuk pantai dan kemiringan air laut. Besarnya sebaran Total Suspended Matter (TSM) di perairan selatan Kabupaten Banyuwangi dipengaruhi curah hujan yang terjadi di daratan dan arah sebaran mengarah ke barat. Saran yang diajukan yaitu 1) perlu dibangunnya bendungan pada sungai sebagai penahan sedimen, 2) pemanfaatan hasil simulasi arus untuk bidang pariwisata maupun perikanan, 3) perlu adanya penelitian lanjutan mengenai pemodelan sebaran sedimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100016

Actions (login required)

View Item View Item