Analisis pertumbuhan penduduk untuk mengetahui jumlah kebutuhan guru dan gedung Sekolah Dasar (SD) di Kota Pekalongan tahun 2015-2040 / Muhammad Misbahullah

Misbahullah, Muhammad (2018) Analisis pertumbuhan penduduk untuk mengetahui jumlah kebutuhan guru dan gedung Sekolah Dasar (SD) di Kota Pekalongan tahun 2015-2040 / Muhammad Misbahullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Misbahullah, Muhammad. 2017. Analisis Pertumbuhan Penduduk untuk Mengetahui Jumlah Kebutuhan Guru dan Gedung Sekolah Dasar (SD) di Kota Pekalongan Tahun 2015-2040. Skripsi,Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos., (II) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si. Kata Kunci : pertumbuhan penduduk, kebutuhan guru, gedung sekolah dasar, Kota Pekalongan Jumlah penduduk Kota Pekalongan setiap tahunnya meningkat sehingga bertambah pula ketersediaan kebutuhan kesempatan kerja dan fasilitas pendidikan yang terdiri dari gedung sekolah dan tenaga pendidikan. Apabila fasilitas pendidikan tidak dapat mengimbangi pertumbuhan penduduk maka akan meningkatkan tingginya jumlah anak usia sekolah yang tidak dapat mengenyam pendidikan. Sehingga akan menyebabkan sebuah permasalahan yang kompleks, seperti semakin tingginya angka pengangguran, kemiskinan dan kriminalitas. Oleh karena itu diperlukan perhitungan yang matang terkait pertumbuhan penduduk dan hubungannya dengan kebutuhan guru dan gedung sekolah di Kota Pekalongan, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui jumlah dan komposisi penduduk , jumlah siswa usia sekolah dasar, jumlah kebutuhan guru sekolah dasar, dan jumlah kebutuhan gedung sekolah dasar yang ada di Kota Pekalongan berdasarkan proyeksi penduduk tahun 2015-2040. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini hanya menggunakan data sekunder tanpa menggunakan data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan serta mengambil data dari instansi ataupun lemaga yang terkait, yaitu Badan Pusat Statistik, Dinas Pendidikan, dan Badan Kepegawaian dan Pusat Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Pekalongan. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisisa data demografi atau data kependudukan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut . Pertama, Jumlah penduduk mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kedua, rata-rata pertumbuhan penduduk yang ada di Kota Pekalongan tahun 2015-2040 berdasarkan asumsi turun 50% adalah 1,05%, asumsi turun 25% adalah 1,08%, dan pada asumsi tetap rata-rata pertumbuhan penduduknya adalah 1,08%. Ketiga, jumlah kebutuhan guru mengalami fluktuasi setiap dekade waktu 5 tahun sekali. Keempat, jumlah kebutuhan gedung sekolah dasar mengalami fluktuasi dimana kebutuhan gedungnya juga mengikuti dari jumlah siswa dan guru yang ada pada setiap tahunnya. kesimpulan dari hasil penelitian pemerintah Kota Pekalongan perlu meningkatkan kualitas dan pemenuhan sarana prasarana pendidikan serta memaksimalkan tenaga pendidik atau guru sekolah dasar untuk mengimbangi pertumbuhan jumlah siswa sekolah dasar yang terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini perlu dipertimbangkan agar kualitas pendidikan di Kota Pekalongan meningkat sehingga kualitas sumberdaya manusianya juga meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100006

Actions (login required)

View Item View Item