Pengaruh remitensi terhadap kesejahteraan keluarga KI di Kecamatan Gedangan Kabupaten malang / Yusniyah Al Fasnah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh remitensi terhadap kesejahteraan keluarga KI di Kecamatan Gedangan Kabupaten malang / Yusniyah Al Fasnah

Al Fasnah, Yusniyah (2017) Pengaruh remitensi terhadap kesejahteraan keluarga KI di Kecamatan Gedangan Kabupaten malang / Yusniyah Al Fasnah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fasnah Yusniyah Al. 2016. Pengaruh Remitensi Terhadap Kesejahteraan Keluarga TKI di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Singgih Susilo M.S. M.Si (II) Drs. Marhadi SK M.Si. Kata Kunci TKI Remiten Kesejahteraan Banyaknya jumlah penduduk di Indonesia dan pertambahan penduduk yang besar akan berpengaruh pada permintaan masyarakat akan peluang kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh remiten terhadap kesejahteraan keluarga TKI di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Besar kecilnya pendapatan remitensi bisa dilihat dari pendidikan negara tujuan jenis pekerjaan dan lama bekerja. Pendapatan dari hasil yang diperoleh setelah bekerja dikirim oleh TKI yang diterima oleh keluarga di daerah asal digunakan untuk memperbaiki keadaan ekonomi keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh remitensi terhadap kesejahteraan keluarga TKI di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan expose facto dengan analisis data uji korelasi menggunakan SPSS 16 for windows. Adapun hasil penelitian yang dilakukan di Kecamatan Gedangan diketahui bahwa mayoritas yang bekerja diluar negeri sebagai TKI adalah usia 45- 49 tahun yaitu sebesar sebanyak 17 dengan 23 61%. Pendidikan tertinggi TKI mayoritas tamat SMP yaitu sebesar 43 orang dengan 59 72%. Memiliki beban tanggungan 4 orang dalam satu rumah. Mayoritas bekerja di Hongkong sebesar 31 orang atau 43 06% bekerja sebagai pembantu rumah tangga sebesar 30 orang dengan 41 67%. Lama bekerja TKI 0-5 tahun sebesar sebesar 55 orang atau 76 39%. Remiten uang yang dikirim TKI ke keluarga lebih dari 2.500.00 00 sebesar 19 orang atau 26 39%. Tingkat kesejahteraan keluarga TKI mayoritas pada tingkat kesejahteraan keluarga III. Hasil analisis korelasi rank spearman menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu remitensi berpengaruh terahadap kesejahteraan keluarga TKI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/100001

Actions (login required)

View Item View Item